Breaking News

Batuk Pilek, yuk Hindari Jenis Makanan Ini agar Lekas Pulih

Ilustrasi batuk di malam hari

Dirgantaraonline.co.id,-
Setengah dari penyakit yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh dapat disembuhkan dengan mengonsumsi makanan tepat. Salah satu penyakit umum, yakni batuk dan pilek, dapat diatasi dengan menghindari beberapa jenis makanan.

Mengutip laman WebMD Kamis (7/12/2023) berikut ini tip mengenai makanan yang sebaiknya dihindari saat mengalami kondisi batuk pilek agar bisa segera membaik.

1. Gorengan
Makanan yang digoreng dapat memperparah kondisi batuk. Asam lemak dari mentega maupun asam lemak omega-6 dapat merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak lendir. Sebaiknya, konsumsi makanan sehat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh agar proses penyembuhan berjalan lebih efektif.

2. Makanan padat histamin
Histamin diproduksi oleh tubuh untuk mengeluarkan partikel berbahaya, termasuk alergen. Zat ini dapat merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak lendir, menyebabkan hidung meler atau tersumbat. Oleh karena itu, hindarilah makanan yang tinggi histamin seperti alpukat, jamur, stroberi, buah-buahan kering, alkohol, yogurt, cuka, dan makanan fermentasi untuk mempercepat pemulihan.

3. Gula
Sama seperti alkohol, gula dapat memicu peradangan yang dapat memperburuk gejala pilek dan batuk. Meskipun terkadang menggoda untuk menikmati yang manis-manis, sebaiknya hindari konsumsi gula agar proses penyembuhan berlangsung optimal.

4. Produk susu
Hindari produk olahan susu seperti es krim dan keju saat sedang mengalami flu. Konsumsi produk susu dapat menyebabkan hidung tersumbat atau berair, membuat pernapasan menjadi lebih sulit.

5. Kafein dan alkohol
Kafein dan alkohol dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh. Ketika tubuh kehilangan cairan melalui lendir, sebaiknya hindari konsumsi kafein dan alkohol untuk memastikan proses pemulihan tidak terhambat. Alkohol juga dapat menghambat fungsi sistem kekebalan tubuh, memperpanjang durasi batuk dan pilek.

Dengan menghindari makanan-makanan tersebut, diharapkan kondisi batuk dan pilek dapat pulih lebih cepat. Selain itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit yang serupa di masa mendatang. Tetap jaga pola makan dan hindari faktor-faktor yang dapat menghambat proses penyembuhan.

(Rini)

#BatukPilek #TipsAtasiBatuk #Global #GayaHidup #LifeStyle