Breaking News

Peringati HAB ke-78, Momentum Kenalkan Budaya Minangkabau


D'On, Padang (Sumbar),-
Memperingati Hari Amal Bakti ke-78, Kementerian Agama Kota Padang menggelar Pentas Pendidikan Agama Islam (PAI), yang bertujuan melahirkan generasi Qurani sekaligus mengenalkan Budaya Minangkabau.

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Agama Islam Kemenang Kota Padang, Aidil Khurdiansyah di Aula Kemenag Kota Padang, Selasa (28/11/2023).

"Kegiatan ini menyusun agenda bernuansa islami, dengan berbagai macam cabang perlombaan," kata Aidil.

Lanjutnya, Ia menekankan terdapat cabang lomba yang baru misalnya Adat Pasambahan dan pidato menggunakan bahasa Minang.

"Harus kita lestarikan budaya Minangkabau  kepada generasi saat ini, kemudian untuk guru juga ada lomba adat pasambahan.  Jadi, jangan sampai luput dari budaya kita," tambah aidil.

Kemudian, Ketua Pelaksana Mustafa mengatakan Pentas PAI ini merupakan lomba keterampilan agama dan seni  yang diikuti  siswa Sekolah Dasar  se-Kota Padang dan Guru PAI Se-Kota Padang.

"Penting untuk mengedepankan budaya daerah kita dan beberapa lalu juga telah dicanangkan Pendidikan Keminangkabauan," jelas Mustafa.

Adapun cabang lomba untuk tingkat siswa Sekolah Dasar yaitu tahfidz, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), pidato empat bahasa (Bahasa Indonesia, Inggris, Arab dan Minang) dan lomba cerdas cermat.

Sementara untuk guru PAI se-Kota Padang, cabang lomba yang digelar ialah Adat Pasambahan, Kasidah, Master of Ceremony (MC), Futsal, Qiroatul Kutub.

(MA/WE/VY)


#HariAmalBakti #Padang