Breaking News

Penertiban PKL Pantai Padang Memanas, Pedagang dan Petugas Gabungan Bersitegang

Petugas Gabungan Tertibkan PKL Pantai Padang

D'On, Padang (Sumbar),-
Penertiban pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang Pantai Padang di kawasan Jalan Samudera, Kecamatan Padang Barat, diwarnai kericuhan, Sabtu (16/9/2023) sore.

Kericuhan ini terjadi sebab para pedagang menolak ditertibkan.

Dari hasil pantauan di kawasan Pantai Cimpago awalnya terlihat masih ada pedagang yang memasang payung ceper di tepi pantai. Petugas kemudian melakukan penertiban, namun mendapat perlawanan PKL. Cekcok mulut dan tarik-menarik pun terjadi antara petugas dengan pedagang.

Namun.petugas gabungan dari TNI, Polri dan Satpol PP langsung mengamankan para pedagang. Setelahnya, situasi berangsur kondusif. Para pedagang kemudian memindahkan tenda yang dipasang di bibir pantai ke lokasi lain.

Salah satu pedagang, Tina (48), mengatakan, seharusnya Pemko Padang mencari solusi yang bijak. Pasalnya banyak PKL yang menggantungkan hidup dari berjualan di Pantai Padang untuk menyambung kehidupan.

“Saya memiliki tiga orang anak, dengan berjualan ini kamu bertahan hidup kalau tidak berjualan. Apakah Pemko Padang mau memberikan kami uang lauk-pauk dan sembako kebutuhan sehari-hari, jika ada solusi seperti itu kami siap untuk menjalankan perintah Pemko” kata Tina.

Sementara pedagang lainnya, Upiak (56), menyebut dirinya tidak terima jika dagangannya diambil oleh Satpol PP.

“Kami membeli bahan dengan mengeluarkan keringat, bukan minta ke Pemko Padang. Coba bapak wali kota bertukar tempat menjadi kami, mungkin bapak bisa menangis karena kami ini hanya mencari sesuap nasi untuk anak yang masih kecil-kecil,” ujarnya.

Berita sebelumnya, Pemko Padang berjanji akan menertibkan PKL di sepanjang Pantai Padang di kawasan Jalan Samudera, mulai simpang Jalan Olo Ladang tepatnya di depan Hotel My All hingga ke kawasan Lapau Panjang Cimpago (LPC).

Rencana tersebut disampaikan dalam rapat gabungan antara Pemko Padang bersama unsur TNI/Polri dan elemen terkait lainnya di Kantor Balai Kota Padang, Sabtu (9/9/2023).

Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar mengatakan, penertiban PKL di sepanjang kawasan Pantai Padang dilakukan untuk mewujudkan kawasan wisata yang aman, nyaman, bersih dan tertib bagi masyarakat.

“Kita perlu kembali melakukan penertiban dan juga pengawasan secara berkelanjutan di sepanjang kawasan Pantai Padang selaku objek wisata unggulan di kota ini. Maka itu kita akan bertindak tegak lurus sesuai aturan, jika ada PKL yang melanggar perlu kita tertibkan,” ujar Ekos Albar.

(*)

#PKLPantaiPadang #Padang #PenertibanPKL #TendaCeper

No comments