Breaking News

Ini Dia Portal buat Calon ASN, Bisa Tahu Perkiraan Gaji dan Tugas


D'On, Jakarta,-
Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN), Suharmen memperkenalkan portal baru bernama ASN Karier dalam laman pendaftaran Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) 2023.

Melalui portal ASN Karier, nantinya CASN dapat mengakses sejumlah informasi secara rinci terkait formasi, keahlian yang dibutuhkan, syarat administrasi jabatan yang akan dilamar sebelum melakukan pendaftaran.

"Portal ini akan menginformasikan kepada seluruh calon terkait misalnya dengan uraian terkait dengan formasi, kemudian keahlian spesifik yang diharapkan, persyaratan administrasi, persyaratan khusus dari jabatan tadi akan diinformasikan dalam portal ASN Karier," jelasnya dalam konferensi pers "Kesiapan Infrastruktur Teknologi Informasi Seleksi CASN 2023" yang digelar secara daring, Kamis, (14/9/2023).

Tak hanya itu, melalui portal ASN Karier, lanjut Suharmen, CASN juga bisa mengakses perkiraan gaji dan penghasilan yang akan didapatkan saat menjabat dalam formasi yang dilamar.

"Dengan demikian seseorang yang akan menjadi ASN bisa memahami uraian dan jabatan yang mereka lamar, termasuk juga perkiraan penghasilan yang mereka peroleh," imbuhnya.

Sebelumnya, Suharmen juga memaparkan bahwa Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan segera membuka pendaftaran rekrutmen CASN 2023 mulai 17 September hingga 6 Oktober 2023 dengan total kebutuhan formasi CASN dan PPPK Pusat dan Daerah sebanyak 1.030.751 formasi dengan rincian kebutuhan CASN dan PPPK Pusat sebesar 81.119 formasi dan untuk CASN dan PPPK Daerah sebanyak 943.743 Formasi meliputi 580.202 PPPK Guru, 328.552 PPPK Tenaga Kesehatan, 35.629 PPPK Tenaga Teknis dan 6.259 Lulusan Sekolah Kedinasan.

Seperti diketahui, sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) angkat bicara soal seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, pihaknya sedang mengajukan lebih dari 1 juta formasi CPNS kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Untuk 2023 kita mengajukan formasi lagi lebih dari satu juta formasi CPNS sedang kita ajukan ke Kementerian Keuangan," kata Anas di sela acara Konferensi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik II CSIS, Jakarta, Rabu (14/3/2023).

(B1)


#CalonASN #nasional #PendaftaranPNS #BKN

No comments