Breaking News

5 Makanan dan Minuman untuk Perkembangan Otak Anak agar Lebih Optimal

Susu

Dirgantaraonline.co.id,-
Sejatinya perkembangan otak pada anak, dipengaruhi oleh beberapa hal mulai dari faktor genetik, pola asuh hingga pemenuhan kebutuhan nutrisi. 

Kemudian ada beberapa jenis nutrisi bagi otak  anak yang harus dicukupi seperti omega-3, omega-6, protein, zat besi, seng, dan vitamin B kompleks.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi otak anak, maka setiap orangtua dianjurkan menyediakan menu makanan sehat dan bergizi seimbang. Seperti dirangkum dari siloamhospitals.com, berikut ini adalah makanan dan minuman untuk perkembangan otak anak agar lebih optimal: 

1. Susu

Susu merupakan salah satu jenis minuman yang digunakan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi otak anak. 

Hal ini karena susu diperkaya dengan kandungan dengan protein, kalsium, vitamin D, dan kalium yang baik bagi pertumbuhan tulang  otot, sistem saraf, dan juga menunjang  perkembangan otak si kecil.

Sementara itu, susu juga terdapat kandungan karbohidrat yang bisa membantu dalam mengurangi rasa lapar pada anak. Supaya anak bisa memperoleh manfaat secara optimal maka anak dianjurkan untuk mengonsumsi susu dengan rutin, minimal 2 kali sehari. 

Akan tetapi, para orangtua harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk memastikan bahwa anak tidak mempunyai intoleransi laktosa yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan setelah minum susu.

2. Sayuran

Beberapa jenis sayuran seperti kentang, wortel, brokoli dan bayam di dalamnya terdapat kandungan vitamin, karbohidrat dan antioksidan yang tinggi sehingga baik dalam membuat otak anak cerdas. 

Dengan mengonsumsi sayuran secara rutin bisa membantu membuat daya ingat anak lebih optimal. 

3. Buah-buahan

Buah-buahan seperti alpukat dan pisang di dalamnya terdapat kandungan asam lemak omega-3, serat, dan vitamin E yang tinggi yang mana bisa membuat perkembangan otak pada anak lebih optimal. 

Selain itu, pisang yang di dalamnya terdapat kandungan seperti fosfor, magnesium, kalsium dan kalium ini pun bisa mengoptimalkan perkembangan sistem saraf dan otak anak.

Untuk jenis pisang yang bisa dikonsumsi adalah pisang hijau, pisang kepok dan pisang raja. 

4. Gandum

Dalam gandum terdapat kandungan vitamin A, vitamin E, vitamin B6, zat besi, kalsium, dan saponin yang tinggi agar bisa membuat perkembangan otak lebih optimal. 

Kemudian, gandum juga mempunyai serat yang tinggi dan rendah lemak baik bagi kesehatan sistem pencernaan anak. 

5. Telur

Dalam telur terutama bagian kuningnya terdapat kandungan protein yang sangat baik guna mendukung pertumbuhan otak anak. Kemudian telur mempunyai kandungan kolin yang dapat membantu daya ingat anak optimal. 

Demikianlah ulasan beberapa jenis makanan dan minuman untuk perkembangan otak anak agar lebih optimal. Semoga bermanfaat.


(Rini)

#Parenting #Anak #Global #Makanan #Minuman

No comments