Breaking News

Warga Andalas Padang Temukan Granat Aktif, Jihandak Langsung Bertindak

Polisi Ledakan Granat Aktif Temuan Warga Padang

D'On, Padang (Sumbar),-
Warga Padang dikagetkan dengan penemuan diduga granat berjenis nanas, di Kampung Tarandam RT 01/RW 02, Kelurahan Andalas, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat Minggu (16/7/2023).

Granat tersebut ditemukan oleh warga bernama Bakri (50 tahun) saat membersihkan sisa batang pisang yang tumbang akibat hujan deras beberapa waktu lalu, di kebun belakang rumahnya. Saat membersihkan batang pisang, Bakhri melihat ada besi di dalam lubang bekas umbian batang pisang, saat dilihat benda tesebut seperti granat. Bakri membersihkan benda tersebut dan memperlihatkan kepada menantu dan anaknya.

"Tadi saat saya mengali rumpun pisang menemukan besi. Setelah saya cek besi tersebut ternyata granat, saya ambil lalu saya bersihkan, baru keliatan seperti granat nenas," katanya.

Takut granat tersebut akan meledak dalam rumahnya, Bakri menaruh granat tersebut di depan rumahnya. Hal tersebut kemudian dilaporkan ke Babinsa Kelurahan Andalas. "Takut akan terjadi ledakan saya taruh di depan rumah di atas balok. Tidak lama setelah itu baru datang tim jibom ke rumah," ujarnya.

Penemuan Granat tersebut jadi tontonan warga sekitar. Di mana warga sekitar mengaku belum pernah melihat granat nanas pada zaman perang dahulu kala. Tidak berapa lama, Brimob dari Sat Jibom (Penjinak Bom) Polda Sumbar langsung melakukan evakuasi. Granat dimasukan ke dalam tong peredaman granat.

Sementara itu, Pawas Polsek Padang Timur, Ipda Syahrial mengatakan, ia mendapat laporan dari warga adanya penemuan granat jenis nanas yang diduga masih aktif. "Saat penemuan satu buah granat tersebut, warga tidak mengetahui kalau itu granat nanas diduga masih aktif, karena warga ini sering nonton film Rambo teringat kalau benda tersebut merupakan granat," ucapnya.

Polsek Padang Timur bersama personel langsung mengamankan lokasi dengan memasang garis polisi, selanjutnya dihubungi Jibom Polda Sumbar. "Dengan adanya Tim Jibom Polda Sumbar langsung dilakukan disposal di tengah sawah dekat lokasi penemuan granat tesebut. Hal tesebut tidak luput dari tontonan warga sekitar," jelasnya.


(*)

#PenemuanGranatAktif #granatnanas #Peristiwa #Padang

No comments