Breaking News

Masyarakat Dibekali Agar Mandiri Saat Menghadapi Bencana


D'On, Padang (Sumbar),-
Bencana datang tanpa kenal waktu. Padang yang berada di zona bencana gempa dan tsunami membuat pemerintah setempat mesti membekali warganya sendiri. Yakni dengan pemahaman bagaimana lebih mandiri saat terjadi bencana.

Pembekalan dan pelatihan bagi warga dilakukan di lima kelurahan yang ada di Padang. Lima kelurahan itu yakni Air Manis, Bukit Gado-Gado, Batang Arau, Seberang Padang dan Kampung Pondok. Kelima daerah itu berada di dekat pantai. 

"Tentunya kami ingin membentuk kemandirian pada masyarakat kelurahan dalam penanggulangan bencana," kata Sekretaris BPBD Kota Padang Robert Chandra Eka Putra saat memberi pelatihan di Kelurahan Bukit Gado Gado, Kecamatan Padang Selatan, Jumat (26/5/2023). 

Dikatakannya lebih jauh, pembekalan dilaksanakan selama 15 hari ke depan. Saat pembekalan itu, peserta diajak untuk lebih mengenali kampungnya sendiri. 

"Peserta juga kami dampingi dalam menyusun strategi penanggulangan kebencanaan berdasarkan kajian risiko bencana yang berhasil dipetakan," ungkap Robert. 

Selain itu, peserta diajarkan cara mengkaji potensi bencana yang prioritas, membuat peta jalur evakuasi, menyusun rencana prosedur evakuasi, cara melakukan sosialisasi dan praktek sosialisasi lapangan dan simulasi di lingkungan kelurahan. Hasil sosialisasi dan simulasi akan divideokan. 

"Peserta tidak boleh diganti sampai akhir pelatihan dan semua peserta akan dihimpun dalam Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kelurahan yang di SK kan oleh lurah," sebut Sekretaris BPBD Padang itu.

(Charlie)


#Bencana #Padang #Mitigasi