Breaking News

Sederet Pondok Pesantren Ini Diasuh Keluarga Besar Ganjar Pranowo


D'On, Jawa Tengah,-
Selain Pondok Pesantren Roudlotus Sholihin Sholihat atau yang populer disebut Pondok Pesantren Kalijaran, keluarga besar istri Ganjar, Siti Atikoh adalah pengasuh sejumlah ponpes terkenal di Jawa Tengah. Setidaknya ada lima pondok pesantren yang dikelola keturunan KH Hisyam Abdul Karim, kakek Siti Atikoh Ganjar Pranowo. Hal itu disampaikan paman Siti Atikoh, KH Ahmad Mustaid Billah Hisyam Abdul Karim.

"Jadi keluarga pak Ganjar itu, dari istrinya Siti Atikoh merupakan keluarga pesantren. Anak cucu Mbah Hisyam Kalijaran banyak yang mengelola pondok pesantren. Tidak hanya Ponpes Kalijaran ini, tapi banyak yang lainya," kata KH Ahmad Mustaid dalam keterangannya, Sabtu (22/4/2023).

KH Ahmad Mustaid menceritakan Mbah Hisyam memiliki dua istri dan 10 anak. Dari istri pertama, Hj Rumiyah lahir lima anak salah satunya ayah Siti Atikoh. Dari keluarga istri pertama ini, ada dua keturunan Mbah Hisyam yang mengelola pondok pesantren.

"Saya mengelola Ponpes Kalijaran ini, dan kakak saya almarhum, KH Muzammil Syaibani Hisyam Abdul Karim mengelola Ponpes di Sokaraja," terang KH Mustaid.

Selain itu, dari keluarga nenek Siti Atikoh Hj Rumiyah juga berasal dari kalangan pondok pesantren. Saat ini, keluarga Hj Rumiyah masih aktif mengelola Pondok Pesantren Nurul Quran Bukateja.

"Sementara dari istri kedua, keturunan Mbah Hisyam saat ini mengelola Pondok Pesantren Salafiyah Karangasem," sambung Mustaid.

Mustaid menambahkan ada juga cucu Mbah Hisyam Kalijaran yang menikah dengan anak pengasuh pondok pesantren di beberapa daerah di Jawa Tengah. Mereka saat ini juga menjadi pengasuh ponpes.

"Salah satunya di Pekalongan. Saya lupa nama pondoknya. Sekarang cucu Mbah Hisyam itu yang mengelola," sebut Mustaid.

Selain di pondok pesantren, keluarga istri Ganjar juga banyak yang berkecimpung di organisasi Islam, antara lain menjadi pengurus Muslimat NU Kabupaten Purbalingga.

"Kakak Siti Atikoh, Hj Nurul Hidayah juga sekarang menjabat sebagai pengurus DPW PPP Jateng," jelas Mustaid.

Hal senada disampaikan Barokatun Minallah, keluarga istri Ganjar lainnya. Salah satu pengurus Ponpes Salafiyah Karangasem itu mengatakan jika Ganjar adalah bagian dari keluarga pesantren.

"Keluarga Bani Hisyam Abdul Karim itu ada 10, dan alhamdulillah berasal dari keluarga pesantren. Banyak keluarga kami yang mengasuh pondok pesantren di daerah," kata Barokatun.

Barokatun mengaku sedih saat ada yang menilai Ganjar adalah abangan, PKI dan tidak beragama. Padahal sebenarnya, Ganjar adalah muslim yang taat.

"Bukan bermaksud menyombongkan diri, tapi keluarga besar Bani Hisyam tentu mau menerima mas Ganjar menjadi bagian dari keluarga ya dilihat dari agamanya juga. Dan beliau adalah sosok agamis. Beliau tawadlu sekali dan menghormati semua keluarga," ujar Barokatun.


Sumber : detik


#GanjarPranowo #Capres2024 #nasional


No comments