Breaking News

PAN: Jika Tak Bubar, Maka KIB Plus PDIP Dukung Ganjar


D'On, Jakarta,-
Partai Amanat Nasional (PAN) berharap Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tidak bubar meskipun Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah resmi mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) 2024.

Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, malah membuka peluang KIB yang beranggotakan PAN, PPP, dan Partai Golkar nantinya akan ikut mendukung Ganjar Pranowo. Namun demikian, ia juga menegaskan diskusi dalam koalisi Pilpres ini masih sangat cair.

"PAN masih berharap agar KIB tidak bubar, tetapi masih tetap bersatu. Jika tetap bersatu, maka KIB ya mendukung mas Ganjar, menjadi KIB plus PDIP," kata Viva, Minggu (30/4).

Viva menyebut apabila kondisi itu terwujud, maka nantinya komposisi sosok yang akan mendampingi Ganjar sebagai Cawapres akan dibahas secara kekeluargaan dengan prinsip nilai tambah yang untuk meningkatkan elektoral.

Apalagi menurutnya, hubungan PAN dan PDIP selama ini terjalin dengan baik dan memiliki ideologi partai yang tak jauh berbeda, yakni sebagai partai nasionalis kerakyatan. Dengan demikian, ia menilai kerjasama antara PAN dan PDIP memiliki peluang yang baik untuk mencapai keberhasilan dalam Pemilu.

"Kita tunggu proses politik selanjutnya. Pendaftaran paslon masih di bulan September 2023. Masih banyak waktu untuk melakukan komunikasi," ujar Viva.

Saat ini PAN tergabung dalam Koalisi Indonesia Baru bersama Partai Golkar dan PPP. Namun, sampai saat ini koalisi tersebut belum mengumumkan calon presiden yang akan diusung.

Belakangan, PPP justru mendeklarasikan dukungan terhadap Ganjar Pranowo sebagai capres. Sementara, PAN dan Golkar sampai saat ini belum menentukan sikap terkait calon presiden.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan KIB masih tetap solid, meski PPP sudah resmi mengusung Ganjar sebagai capres.

"Kita KIB, selama ini terlihat kita solid, guyub, dan rukun. Seperti mekanisme yang dipahami bahwa KIB tidak akan ikut campur urusan partai masing-masing," ujar Airlangga beberapa hari lalu.


(khr/wiw/cnn)

#PAN #Politik #nasional #KIB #Capres2024 #GanjarPranowo