Breaking News

KKB Serang Prajurit TNI Pencari Pilot Susi Air, 6 Prajurit Gugur 9 Disandera


D'On, Papua,-
Kelompok kriminal  bersenjata (KKB) kembali melakukan aksi penyerangan terhadap prajurit TNI di Distrik Mugi, Kabupaten Nduga, Papua Tengah, Sabtu (14/4/2023). Akibat penyerangan tersebut dilaporkan 6 prajurit meninggal dunia dan 9 lainnya dikabarkan disandera KKB.

Berdasarkan data lapangan dilansir dari Beritasatu.com kejadian penyerangan terhadap Prajurit TNI dari Satgas Yonif R 321/GT dilaporkan terjadi sekira pukul 16.30 Wit saat prajurit sedang melakukan patroli keamanan di wilayah Distrik Mugi-Ham.

Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Herman Taryaman lewat rilis yang diterima pada Minggu pagi membenarkan kejadian penyerangan tersebut. "Bahwa benar prajurit TNI dari Satgas Yonif R 321/GT yang bertugas di wilayah Mugi-Mam Kabupaten Nduga diserang dan ditembak oleh gerombolan kelompok separatis teroris (KST) pada Sabtu (15/4/2023) pukul 16.30 WIT," ungkap Kolonel Herman.

Namun kapendam belum bisa memastikan jumlah korban jiwa maupun korban luka akibat penyerangan tersebut. "Masih belum diketahui secara pasti berapa korban prajurit TNI yang meninggal dan luka-luka. Sampai saat ini masih dilaksanakan pemantauan, namun karena cuaca hujan dan berkabut sehingga belum bisa berkomunikasi dengan aparat keamanan yang berada di lokasi tersebut," jelasnya.

Menurut Herman, prajurit yang diserang KKB tersebut merupakan bagian dari pasukan yang sedang melaksanakan tugas melakukan pencarian terhadap pilot Susi air yang disandera KKB Egianus Kogoya sejak 7 Maret 2023.

"Mohon doanya semoga Prajurit TNI yang melaksanakan tugas negara dan juga melakukan pencarian pilot Susi Air diberikan keselamatan, perlindungan dan kekuatan, sehingga dapat kembali bertugas," harap Kolonel Herman.

Sementara itu, data lapangan menyebut jumlah prajurit yang sedang melakukan tugas saat diserang KKB di Mugi sebanyak 36 orang yang terdiri dari 20 orang anggota YR 321/GT dan 16 orang dari Kopassus.

Dari jumlah tersebut dilaporkan 6 orang meninggal dunia, 9 orang disandera dan 21 lainnya belum diketahui nasibnya. Hingga laporan ini kami turunkan belum diketahui secara pasti jumlah korban akibat insiden penyerangan tersebut.


(*)

#KKBSerangPrajuritTNI #KKB #Papua #TNI #Militer



No comments