Breaking News

Jalur Mudik Padang-Bukittinggi Rawan Longsor, Pemudik Diminta Waspada


D'On, Padang (Sumbar),-
 Polda Sumatera Barat (Sumbar) semakin ngebut dalam mengatasi masalah kemacetan yang kerap terjadi di ruas Padang-Bukittinggi selama arus mudik.

Terlebih, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar telah menerapkan skema sistem satu arah atau one way menjelang arus mudik Lebaran 2023.

Jalur satu arah akan di berlakukan saat arus mudik, rencananya akan di uji coba pada tanggal 8 April 2023. Dimana arus akan di alihkan dari Kota Padang menuju Bukittinggi akan melewati jalan utama.

Sedangkan pengemudi dari Kota Bukittinggi, akan melewati kabupaten agam, malalak, dan Pariaman untuk menuju kota padang. Akan lebih jauh dari jalur biasanya.

Setiap jalan jalan Nasional di kawasan Sumbar saat ini sudah di perbaiki oleh Dinas PUPR Sumbar. Saat ini, terlihat jalur kawasan Malalak sudah banyak jalan meterial longsor dan sudah mulai di bersihkan oleh dinas terkait, dalam rangka memperlancar arus mudik.

Direktorat Lalu Lintas Polda Sumbar, Kombes Hilman mengatakan, bebagai persiapan rekayasa lalu lintas satu arah dari Padang menuju Kota Bukittinggi telah digelar.

"Kita akan menempatkan 200 personel di jalur yang akan diberlakukan sistem satu arah atau one way. Kita berharap masyarakat pengendara bisa mengikutinya," kata Hilman, Sabtu (8/4/2023).

Dalam skemanya, di hari uji coba satu arah, semua kendaraan dari arah Padang menuju Bukittinggi tetap di jalur yang sama. Namun, untuk kendaraan dari Bukittinggi menuju Padang akan diarahkan melewati Jalan Malalak-Sicincin Padang Pariaman.

"Kita mengarahkannya dari Padang Lua Bukiitinggi dan berbelok ke kanan arah Malalak hingga ke simpang tiga Koto Mambang Padang Pariaman, diberlakukan dari pukul 12.00 hingga 16.00 WIB," ujarnya.

Hilman menambahkan, penjadwalan uji coba memang disengaja pada 8 April 2023. Lantaran bertepatan dengan libur akhir pekan atau long week end.

"Jadi dengan kita lakukan uji coba one way di tanggal delapan itu, kan bertepatan dengan long week end sehingga volume kendaraan akan lebih meningkat dibanding akhir pekan biasa. Memang tidak sebanyak pas lebaran tapi setidaknya volume kendaraan jumlahnya bisa mendekati," pungkasnya.

(*)


#Mudik #Sumbar #ArusMudik2023 #PoldaSumbar