Breaking News

Rafael Alun di Isukan Kabur, Begini Jawaban KPK


D'On, Jakarta,-
Rafael Alun Trisambodo, Mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Ditjen Kemenkeu) dikabarkan kabur.

Hal tersebut membuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) buka suara. Tersiarnya kabar kabur ini diunggah oleh akun Twitter @logikapolitikid.

"Update RAT (Rafael Alun): sekarang anaknya yang katanya mandiri itu disembunyikan di Solo, Rat sendiri ada dugaan mau kabur, semoga berubah pikiran, ya. Soalnya kabur juga percuma," tulis @logikapolitikid dikutip, Senin (20/3/2023).

Menyikapi kabar tersebut, Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur mengakui KPK belum bisa melakukan pencegahan terhadap Rafael Alun karena status hukumnya masih penyelidikan belum penyidikan.

Asep menuturkan, nantinya apabila status sudah ditingkatkan ke penyidikan maka KPK akan meminta Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Ham melakukan pencegahan ke luar negeri.

"Nanti setelah naik penyidikan kita akan lakukan pencegahan," kata Asep di Gedung KPK, Jakarta pada Senin (20/3/2023).

KPK meyakinkan, Rafael Alun akan bertanggung jawab atas kasus yang menjeratnya. Ia diminta untuk tidak kabur.

"Pertama tentunya saya yakin, walau ada informasi dari rekan-rekan, saudara RAT (Rafael) sebagai warga negara yang baik, juga aparatur pemerintahan akan berani bertanggung jawab, dan menghadapi proses ini," kata Asep.

"Kami juga mengimbau tidak lari atau kabur ke mana pun. Dihadapi saja prosesnya," sambungnya. 

(*)

#KPK #RafaelAlunTrisambodo #Korupsi