Breaking News

Puluhan Rekening Rafael Alun dan Keluarga Diblokir PPATK


D'On, Jakarta,-
Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) memblokir rekening pejabat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Rafael Alun Trisambodo dan keluarganya. Rekening anak Rafael, Mario Dandy Satrio, juga diblokir.

"Iya RAT (Rafael Alun Trisambodo), keluarga dan semua pihak terkait. Ada beberapa puluh rekening sudah kami blokir," ujar Kepala PPATK Ivan Yustiavandana saat dikonfirmasi, Selasa (7/3).

Pemblokiran ini diduga berkaitan dengan indikasi pencucian uang yang dilakukan Rafael. PPATK sebelumnya menemukan transaksi signifikan Rafael yang tidak sesuai profil dan menggunakan nama orang lain.

Ivan menyatakan pihaknya juga mendapat informasi konsultan pajak Rafael melarikan diri ke luar negeri. Diduga ada dua orang mantan pegawai Ditjen Pajak yang bekerja pada konsultan tersebut.

"Ya kami mendengar pengaduan masyarakat mengenai hal tersebut (konsultan pajak berada di luar negeri). Berdasarkan data yang ada kami menduga ada mantan pegawai pajak yang bekerja pada konsultan tersebut," ujarnya.

Harta kekayaan Rafael menjadi sorotan setelah anaknya, Mario Dandy Satriyo menganiaya anak pengurus GP Ansor. Rafael yang merupakan pejabat eselon III di Ditjen Pajak tercatat memiliki harta kekayaan mencapai Rp56 miliar.

Rafael telah menjalani proses klarifikasi oleh KPK mengenai harta kekayaannya tersebut pada Rabu (1/3). Lembaga antirasuah pun memutuskan membuka penyelidikan terkait kekayaan Rafael.


(ryn/fra)


#PPATK #RafaelAlunTrisambodo #PencucianUang #PejabatPajak