Breaking News

Padang Dapat Mobil Pustaka Keliling dan Ratusan Buku


D'On, Padang (Sumbar),-
Perpustakaan Nasional (Perpusnas) memberikan bantuan sebanyak satu unit kendaraan operasional pustaka keliling untuk Kota Padang, Senin (20/3/2023).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Padang Feri Mulyani Hamid, menyampaikan penyerahan satu unit kendaraan operasional pustaka keliling diserahkan Wali Kota Padang Hendri Septa di sela-sela peresmian Kantor Camat Padang Barat.

“Alhamdulillah, satu unit mobil pustaka keliling dari Perpusnas sudah kita terima. Diserahkan oleh Wali Kota Padang Bapak Hendri Septa, saat peresmian kantor Camat Padang Barat kemarin,” jelas Feri Mulyani Hamid saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (20/3/2023).

Disampaikannya, saat ini pihaknya telah memiliki empat unit mobil pustaka keliling. Serta satu bentor yang masih aktif mendatangi sejumlah tempat. 

“Penyerahan mobil juga dilengkapi dengan 600 buku bacaan. Satu paket di antaranya berisikan unit audio visual, generator, serta empat tablet yang berisi buku-buku digital,” cecarnya.

Lebih lanjut dijelaskan Feri Mulyani, Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) masyarakat di Kota Padang mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

“Untuk mengukurnya, tentu kita perlu nilai yang terukur. TGM di tahun 2021 berada di angka 48 poin, untuk tahun 2022 mengalami kenaikan di angka 66,74 poin,” sebutnya.

Dalam pengukuran juga didapatkan fakta melalui Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM), Kota Padang berada di angka 72 poin.

“Dengan memiliki empat unit mobil perpustakaan keliling, ditambah satu bentor pada tahun 2023, ditargetkan 30 ribu pembaca mengunjungi perpustakaan kita,” ucapnya.

Sebanyak 30 ribu pembaca yang ditargetkan mengunjungi perpustakaan melalui online, offline, dan tim yang terjun langsung ke lapangan.

“Kita menyasar ke sekolah-sekolah yang tidak memiliki perpustakaan, Taman Bacaan Masyarakat (TBM), panti asuhan, lapas, serta masjid juga,” tutupnya.

Kunjungan yang dilakukan perpustakaan keliling Kota Padang ini dilakukan secara rutin yang memiliki jam operasional dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai 15.30 WIB, setiap hari Senin hingga Jumat. 

(WE / Charlie)


#Pustaka #Buku #Padang

No comments