Breaking News

Jatuh Tanggal 8 Maret, Ini Deretan Amalan di Malam Nisfu Syaban


Dirgantaraonline.co.id,-  
Salah satu malam yang dinantikan oleh umat Islam adalah malam Nisfu Syaban yang jatuh pada 8 Maret 2023 besok. Ada banyak keutamaan dan amalan di malam Nisfu Syaban yang bisa dilakukan oleh seluruh umat muslim.

Pada malam Nisfu Syaban, semua amalan manusia akan dilaporkan kepada Allah SWT. Selain itu pada malam ini Allah mengampuni dosa-dosa manusia kecuali doa syirik.

Malam Nisfu Syaban juga dikenal sebagai malam dikabulkannya doa-doa yang dipanjatkan oleh manusia. Oleh karenanya ada banyak amalan yang dianjurkan untuk dilakukan di malam Nisfu Syaban.

Agar pahala dan keberkahan serta ampunan dari Allah SWT bisa diperoleh. Sebab pada malam tersebut Allah SWT membukakan pintu ampunan dan 300 pintu rahmat bagi hamba yang meminta kepadaNya.

Lantas apa saja amalan di malam Nisfu Syaban? Ini dia ulasannya.

1. Perbanyak Membaca Syahadat

Nisfu Syaban merupakan salah satu waktu yang mulia. Jadi sangat baik jika pada hari mulia itu dua kalimat syahadat dibaca berulang dan diperbanyak.

2. Berpuasa di Hari Nisfu Syaban

Puasa sunnah di hari Nisfu Syaban menjadi salah satu amalan yang bisa dilakukan pada siang hari sembari menanti turunnya malam. Puasa di hari Nisfu Syaban juga termaktub dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah. Bahwa dianjurkan untuk beribadah di malam hari dan berpuasa di siang hari.

3. Salat Sunnah di Malam Hari

Ibadah yang dimaksudkan untuk dilakukan pada malam hari adalah melakukan salat tahajud, salat hajat, dan salat witir. Salat sunnah ini menjadi ibadah yang sangat baik untuk diamalkan pada malam Nisfu Syaban.

4. Memperbanyak Membaca Surat Yasin

Membaca surat Yasin tiga kali pada malam Nisfu Syaban setelah salat Magrib dapat mendatangkan keberkahan. Bacaan pertama dimaksud untuk memohon panjang umur. Bacaan kedua diniatkan sebagai penolak bala seumur hidup. Kemudian bacaan terakhir untuk meminta kecukupan hidup selama di alam dunia.

5. Memperbanyak Doa

Doa sebagai sebuah permohonan disarankan untuk dilakukan sejak matahari terbenam. Doa-doa yang dilantunkan pada malam mulia ini diniatkan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Pada malam Nisfu Syaban Allah SWT turun ke bumi untuk memberi ampunan pada dosa-dosa manusia.

6. Perbanyak Membaca Istighfar

Seperti disebutkan sebelumnya, keutamaan malam Nisfu Syaban adalah malam pengampunan. Sehingga memperbanyak istighfar adalah amalan yang tidak boleh dilupakan. Allah SWT akan memberikan ampunan pada hamba yang memohon ampunan.

7. Membaca Alquran dan Surat Al Waqiah

Selain membaca Yasin, bertadarus dengan membaca ayat suci Alquran pun dapat dilakukan. Salah satu surat yang sangat baik untuk dibaca adalah QS. Al Waqiah. Pahala yang didapat bagi mereka yang membaca surat Al Waqiah di malam Nisfu Syaban akan berlipat ganda dibandingkan malam-malam lainnya.

8. Memperbanyak Zikir 

Zikir untuk mengingat Allah SWT menjadi amalan di malam Nisfu Syaban selanjutnya. Bacaan zikir yang bisa dilantunkan yaitu kalimat tahmid dan takbir sebanyak 100 kali. Lalu dilanjutkan dengan membaca selawat Nabi juga sebanyak 100 kali.

Semua amalan di malam Nisfu Syaban tadi hendaknya dilakukan dengan niat untuk beribadah kepada Allah SWT. Serta dilandasi dengan keimanan dan ketakwaan serta hati yang tulus ikhlas.

Semoga dengan semua amalan tadi keutamaan malam Nisfu Syaban yaitu ampunan dan rahmat serta keberkahan bisa kita peroleh. Amin Ya Robbal Alamin.


Safitri Yulikhah

#NisfuSyaban #AmalanNisfuSyaban #Religi