Breaking News

Bertemu di Hambalang, Prabowo dan Surya Paloh Sepakat Tidak Berkoalisi


D'On, Bogor (Jabar),-
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh sepakat untuk tidak berkoalisi di Pemilu 2024. Keduanya telah bertemu di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/3/2023).

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar dua jam tersebut, keduanya sepakat untuk menghormati keputusan politik masing-masing.

"Soal koalisi, soal capres-cawapres, kita sudah sepakat, kita akan menghormati keputusan politik masing-masing. Kita akan hormati apapun keputusan politik Pak Surya dengan Nasdem," kata Prabowo saat menggelar konferensi pers usai pertemuannya dengan Surya Paloh.

"Sebagai sahabat, kita hormati apapun keputusan politik. Mereka pun akan menghormati keputusan politik kami," tambahnya.

Prabowo menyampaikan, dalam pertemuan ini keduanya juga sepakan akan menyongsong pemilu yang akan datang menjadi pemilu yang damai, konstruktif, berkualitas, serta jujur dan adil (jurdil).

"Kita sepakat bahwa kita ingin suasana bangsa negara selalu dalam keadaan damai, rukun, dan bersatu. Bahwa persaingan dan rivalitas itu memang perlu. Bahwa juga kita tidak boleh takut dengan oposisi, artinya oposisi harus selalu konstruktif, damai, dan selalu dalam kerangka NKRI, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika," kata Prabowo.

Surya Paloh menambahkan, pertemuannya dengan Prabowo sebetulnya untuk memperkuat hubungan pertemanan yang sudah terjalin hampir 40 tahun. Dalam pertemuan ini, keduanya saling berbagai rasa, bertukar informasi dan juga gagasan dalam situasi kekinian yang ada di Indonesia.

"Kami berdua menyadari, hubungan yang kami miliki harus bisa terjaga sedemikian rupa. Untuk apa? tidak hanya memberikan benefit kepada kami atau kepada kedua partai politik, tetapi ada kepentingan yang lebih besar, menjaga agar spirit, semangat kebangsaan, nasionalisme dan bangun kesadaran publik dan berbagi rasa, dan membangun kedewasaan berpolitik," kata Surya Paloh.

Kunjungan Surya Paloh ke Hambalang ini merupakan kunjungan balasan setelah Prabowo bertandang lebih dulu ke Nasdem Tower Menteng pada 1 Juni 2022. Sebelumnya, sejumlah elite partai Nasdem juga telah berkunjung ke sekretariat bersama (sekber) Gerindra-PKB pada Kamis, 26 Januari 2022.

Nasdem menjadi tamu pertama di kantor sekber Gerindra-PKB yang baru diresmikan. Nasdem sendiri tergabung dalam koalisi perubahan bersama partai Demokrat dan PKS yang mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) dalam Pilpres 2024.

(*)

#PrabowoSubianto #SuryaPaloh #Politik #nasional

No comments