Breaking News

5 Alasan Kenapa Orang Mengamuk karena Hal Sepele


Dirgantaraonline.co.id,-
Sebagai manusia yang normal, ada kalanya membuat mengamuk walaupun persoalan sepele, entah muncul dengan spontan atau dengan kesengajaan, yang di mana dipengaruhi karena kondisi tertentu.

Mungkin saja kita berpikir kenapa orang bisa mengamuk kalau hanya persoalan sepele, tetapi penting diingat kondisi orang tersebut kenapa ia bisa mengamuk. 

Orang yang mengamuk meskipun hanya karena persoalan sepele tidak patut untuk langsung dihakimi, tetapi penting untuk mengetahui alasan ia melakukan itu. Seperti apa kondisi psikologisnya dan bagaimana masa lalunya.

Mengutip dari akun instagram @personalitydoc, berikut ini setidaknya terdapat lima alasan kenapa orang mengamuk karena hal sepele. 

1. Ada masalah yang membuat mereka sangat stress atau frustrasi 

Kita mungkin gak pernah tahu apa saja yang dialami oleh orang lain, apakah ia sedang baik-baik saja atau sedang menanggung masalah. Ketika mental lagi capek banget, kepala pusing, otak mumet, maka wajar saja kalau emosi jadi mudah tersulut.

Artinya ia sedang menghadapi kondisi yang sedang tidak baik-baik saja dan apabila ada sesuatu yang bisa menambah lagi masalahnya bisa jadi emosinya akan naik pula. 

2. Mereka terpicu trauma masa lalu

Kejadian traumatisnya mungkin sudah lama, tapi jangan salah kalau bekas lukanya bisa masih terasa sampai sekarang. Hal itu juga bisa sangat rentang memunculkan emosi tiba-tiba apabila ada orang yang ungkit pembahasan berkaitan dengan masa lalu tersebut. Artinya ketika ada orang yang mentrigger traumanya, emosi mereka bisa saja tiba-tiba meledak. 

3. Mereka lagi sangat cemas karena suatu hal

Orang yang lagi mencemaskan sesuatu biasanya akan mengalami ketegangan dan emosi yang intens. Itulah kenapa mereka jadi lebih sensitif terhadap segala sesuatu. Ini terjadi karena pikiran dan perasaan lagi gak normal, sehingga ketika ada hal-hal lain yang mengganggu maka emosi pun akan ikut terpancing. 

4. Mereka sudah terlalu lama menahan emosi

Emosi juga bisa meledak kepada orang yang sudah lelah berpura-pura baik-baik saja selama ini. Tampungan emosi mereka sudah penuh. Sehingga mereka bisa meledak sewaktu-waktu dan seluruh emosi mereka tumpah keluar semua.

5. Mereka lagi capek banget dan kurang tidur 

Capek fisik dan kurang tidur juga dapat menyebabkan orang jadi sulit mengelola emosinya dengan baik. Makanya mereka bisa jadi akan gampang marah, meskipun itu hal sepele saja. Orang yang seharusnya butuh istirahat, hanya karena kondisi tertentu yang menghambat dia istirahat, sehingga bisa saja memicu timbulnya emosi yang tidak baik. 

Nah, itulah lima alasan kenapa orang gampang mengamuk meskipun hanya karena hal sepele. Jadi, sebaiknya janganlah kita terlalu cepat melabeli seseorang itu lebay, penuh drama, dan gila ketika mereka sesekali bereaksi berlebihan karena hal sepele. Karena kita gak tahu seperti apa masa lalu mereka dan perjuangan apa saja yang sedang mereka hadapi.


(*)

#trauma #masalalu #mengamuk #serbaserbi

No comments