Breaking News

Ratusan Petasan Disita Satpol PP Padang dari Sejumlah Pedagang di Kita Padang


D'On, Padang (Sumbar),-
Antisipasi gangguan ketertiban di malam pergantian tahun, ratusan petasan berbagai jenis diamankan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang. Saat  razia yang di gelar di sejumlah lokasi, pada rabu sore (28/12/22). 

Kasat Pol PP Kota Padang, Mursalim menjelaskan, razia petasan yang dilakukan dalam rangka upaya menjaga ketertiban dan ketentraman masyarakat, memasuki liburan Natal dan tahun baru 2023. 

"Razia dilakukan di tiga titik yang berbeda di Kawasan Pasar Raya, total petasan yang kita amankan, ada sebanyak 399 petasan berbagai jenis merek dan model yang kita amankan,"terang Mursalim. 

Hal itu dilakukan, sesuai surat edaran Kementrian Dalam Negeri dan surat edaran Walikota Padang nomor 200 / 429 / Kesbangpol / 2022. Tentang kesiapsiagaan pada saat libur dan malam pergantian tahun baru 2023, maka perlu dilakukan pencegahan penyebaran petasan di Kota Padang. 

"Di edaran tersebut disebutkan bahwa warga atau masyarakat dilarang memainkan petasan, karena petasan itu selain mengganggu ketentraman dan ketertiban masyarakat juga bisa menimbulkan ledakan, kebakaran, korban manusia, ataupun terhadap barang-barang," ujar Mursalim. Kasat Pol PP Kota Padang. 

Mursalim menghimbau kepada masyarakat Kota Padang, agar tidak menjual petasan ataupun menggunakannya selama liburan dan tahun baru 2023, guna menjaga Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat di Kota Padang. 

"Sesuai dengan surat edaran Walikota, bahwa bermain petasan dilarang, selain menimbulkan gangguan Trantibum, juga bisa menimbulkan ledakan, kebakaran, ataupun korban bagi manusia ataupun kepada barang-barang yang ada disekitarnya. Kalau ini terjadi, tentu kita juga yang rugi,

makanya kita berharap kepada pedagang, tolong tidak menjual petasan,"harapnya. 

Mursalim juga menegaskan, kedepan razia petasan ini, akan terus dilakukan secara bertahap dan berlanjut. 

"Ini baru hari pertama dan akan kita lanjutkan sampai nanti menjelang tahun baru, karena tiga titik ini belum menggambarkan seluruh kota padang, masih ada informasi yang kami dapatkan, beberapa titik lagi diluar pasar raya,"tutup Mursalim.


(*)


#SatpolPP #Padang #Petasan