Breaking News

De Oranje Melangkah ke Perempatfinal Piala Dunia 2022 Usai Tekuk The Yanks


D'On, Qatar,-
Pasukan Luis Van Gaal melenggang ke babak perempat final usai Belanda membekuk Amerika Serikat dengan skor 3-1.

Pertandingan babak 16 besar Belanda vs Amerika Serikat tersaji di Stadion Khalifa International Stadium, Qatar, Sabtu, 3 Desember 2022 pukul 22.00 WIB.

Virgil van Dijk dan kawan-kawan lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup A Piala Dunia 2022. The Yanks lolos sebagai runner up Grup B.

Di laga fase grup Belanda belum pernah mengalami kekalahan. De Oranje meraih dua kemenangan dan satu imbang.

Anak asuh Louis van Gaal berhasil menggelontorkan lima gol dan satu kali kebobolan. Atas pencapaian tersebut mengukuhkan posisi mereka sebagai juara Grup A Piala Dunia 2022.

Amerika Serikat sebagai runner up Grup B menjadi lawan Belanda di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Christian Pulisic dan kawan-kawan hanya menorehkan dua gol dan satu kali kebobolan.

Babak Pertama

Di awal babak pertama Amerika Serikat sudah mendapat peluang melalui tendangan keras pemain depanya, namun penjaga gawang Belanda mampu menepis bola dengan baik.

Belanda sebagai tim yang diunggulkan, di menit awal berjalannya babak pertama pasukan De Oranje terus mendapat tekanan dari The Yanks.

Di menit ke 9 Belanda sudah mulai bisa untuk keluar dari tekanan Amerika Serikat dan mulai mengembangkan permainan untuk melakukan serangan.

Alhasil pada menit 10 Memphis Depay berhasil mencetak gol melalui tendangan kerasnya, kedudukan 1-0 keunggulan sementara untuk Belanda.

Sampai memasuki menit 40 Amerika Serikat belum mampu untuk menyamakan kedudukan. Pada menit 43 The Yanks mendapat peluang melalui tendangan keras Timothy Weah, namun Andries Noppert mampu menepis tendangan tersebut

Pada menit akhir tambahan waktu babak pertama Belanda berhasil mencetak gol melalui Daley Blind. Kedudukan 2-0 keunggulan sementara untuk De Oranje.

Skor bertahan sampai berakhirnya babak pertama.

Babak Kedua

Di awal babak kedua Amerika Serikat mulai menaikan intensitas serangan, pada menit 50 hampir mencetak gol namun bola yang sudah tidak dapat dijangkau penjaga gawang berhasil dihalau oleh bek Belanda.

Sampai memasuki menit 65 jual beli serangan disuguhkan kedua tim, memasuki menit 70 Amerika Serikat mulai kesulitan untuk membangun serangan.

Alhasil Belanda mulai mengusai permainan dan terus menggempur lini pertahanan Amerika Serikat. Banyak peluang tercipta, namun tidak ada yang berhasil jadi gol.

Di menit 74 Amerika Serikat mendapat peluang, namun belum mampu menjebol gawang Belanda. The Yanks terus melancarkan serangan, pada menit 76 mereka berhasil mencetak gol lewat tendangan Wright.

Hasil tersebut merubah kedudukan sementara menjadi 2-1. Setelah berhasil memperkecil ketertinggalan Amerika Serikat terus menggempur pertahanan Belanda.

Pada menit 80 Belanda melakukan serangan balik dan berhasil memanfaatkan serangan tersebut menjadi gol pada menit 81 lewat tendangan Denzel Dumfries, kedudukan 3-1 keunggulan sementara bagi De Oranje

Gol ketiga Belanda semakin memperkecil kesempatan Amerika Serikat untuk menyamakan kedudukan.

Di menit-menit akhir babak kedua pertandingan semakin seru, Amerika Serikat terus menggempur pertahanan Belanda, Virgil van Dijk dan kawan-kawan membuat pertahanan yang rapat sehingga The Yanks kesulitan untuk menembusnya.

Sampai berakhirnya babak kedua skor bertahan 3-1, kemenangan untuk Belanda. Atas hasil ini Belanda berhasil mengamankan tiket menuju babak perempat final Piala Dunia 2022.

Susunan Pemain:

Belanda (3-4-1-2):

Andries Noppert; Nathan Ake, Virgil van Dijk, Jurrien Timber; Daley Blind, Frenkie de Jong, Marten de Roon, Denzel Dumfries; Davy Klaasen, Cody Gakpo, Memphis Depay

Pelatih: Louis van Gaal

Amerika Serikat (4-3-3):

Matt Turner; Antonee Robinson, Tim Ream, Cameron Carter-Vickers, Sergino Dest; Weston McKennie, Tyler Adams, Yunus Musah; Brenden Aaronson, Haji Wright, Timothy Weah

Pelatih: Gregg Berhalter.

(***)

#PialaDuniaQatar #Sepakbola #AmerikaSerikatvsBelanda