Breaking News

Bidik SAKIP Predikat A, Kepala OPD di Padang Tandatangani Komitmen Kinerja


D'On, Padang (Sumbar),-
Pemerintah Kota Padang menargetkan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) mendapat predikat A di tahun 2023 mendatang. Agar termotivasi dan tercapai, seluruh kepala OPD di Padang menandatangani komitmen kerja tahun 2023.

"Pada penilaian 2023 mendatang kita harapkan meraih nilai A. Maka itu saya meminta komitmen dan dukungan dari seluruh kepala OPD, karena evaluasi terhadap implementasi sangat bergantung kepada OPD nantinya," kata Wali Kota Padang Hendri Septa usai menyaksikan seluruh kepala OPD menandatangani komitmen kerja di Balaikota Padang, Kamis (29/12/2022). 

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Padang, Corri Saidan mengatakan, untuk mendukung perolehan nilai SAKIP menjadi A, telah diterbitkan Instruksi Wali Kota Padang nomor 019/03.84/BU-2022 tentang komitmen bersama penguatan implementasi SAKIP 2023. 

Instruksi ini ditujukan kepada seluruh pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Padang, mulai dari Inspektur, Sekretaris DPRD, kepala Badan, kepala dinas, kepala Satpol PP, Kepala Bagian, dan Camat se-Kota Padang.

Dalam instruksi dan pernyataan komitmen kinerja ini terdapat 15 butir tindak aksi bersama untuk memberikan upaya terbaik yang harus dilakukan oleh Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Padang sesuai tugas dan fungsinya.

Antara lain; menghadiri langsung pertemuan pembahasan terkait pemenuhan rekomendasi SAKIP, Memenuhi data, informasi dan bukti pendukung atas setiap unsur evaluasi SAKIP, serta mendukung efektivitas penganggaran program dan kegiatan yang selaras dengan pencapaian Misi Pemko Padang.

Kabag Organisasi Sekretariat Daerah Kota Padang, Swesti Fanloni menambahkan bahwa implementasi SAKIP yang lebih berhasil guna dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik merupakan amanat RPJMD Kota Padang. 

"Berhasil gunanya implementasi SAKIP mendorong terwujudnya efektivitas penyelenggaraan pemerintahan yang akan berdampak pada peningkatan kualitas pembangunan dan pelayanan publik," ucapnya.

Turut hadir dalam rapat staf tersebut, Sekretaris Daerah Kota Padang Andree Algamar, Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Didi Aryadi dan Asisten Administrasi Umum corri Saidan, serta inspektur Kota Padang Syuhandra, pimpinan OPD dan Camat se-Kota Padang.

(Charlie / *)


#padang #SAKIP