Breaking News

Mahfud MD Dukung Usulan PDIP soal Pemilu Proporsional Tertutup

D'On, Jakarta,- Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mendukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) soal Pemilihan Legislatif (Pileg) kembali ke proporsional tertutup.


Hal itu dikatakan Mahfud di hadapan kader PDIP dalam acara Forum Group Discussion (FGD) dengan tema 'Reformasi Sistem Hukum Nasional: Pendekatan Ideologi, Konstitusi dan Budaya Hukum', di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan.

"Pertama saya ingin menyampaikan dukungan kepada pihak penyelenggara PDIP, yang sama-sama salah satunya nanti agar Pilkada eh Pemilu itu kembali ke proporsional tertutup," kata Mahfud, Kamis (13/10).

Dia menyebut, banyak pihak menyalahkan Mahkamah Konstitusi (MK) memutus sistem proporsional terbuka saat dirinya menjadi Ketua MK.

"Tapi sebenarnya MK itu tidak memutus sistem proporsional terbuka, MK itu hanya mencoret frasa di situ disebut bahwa yang menjadi anggota DPR terpilih itu adalah mereka yang mendapat suara terbanyak di atas 35 persen," sebutnya.

Mahfud menjelaskan, frasa yang dicoret itu kata di atas 50 persen. Karena, apabila tidak 20 persen itu tidak akan ada orang yang akan mendapat suara terbanyak.

"Wong kalau calonnya 10 ya masa dibagi 10 persen akhirnya kembali ke tertutup. Oleh sebab itu, ketika itu saya pernah sampaikan juga ke teman-teman ke kepala, wah kembali saja ke sistem tertutup," jelasnya.

"Karena itu DPR yang buat dulu. Kalau apa yang ditetapkan MK bahwa kata 35 persen dicoret harusnya kalau mau terbuka saja ya terbuka saja, kalau mau tertutup ya tertutup gitu. Nanti coba baca putusannya ya. Yang buat DPR, MK hanya mencoret syaratnya," sambungnya.

Disinggung apakah akan mengusulkan wacana proporsional tertutup, Mahfud menyebut PDIP akan mengusulkan.

"Enggak (bukan saya) itu yang akan usul PDIP. Partai ya partai," tutupnya. 


(mdk/ray)

#Nasional #Pemilu #MahfudMD #Politik #PDIP

No comments