Breaking News

Maut Mengintai Sitinjau Lauik, Tanah Longsor, Jalan Licin Hingga Truk Terbalik Kapankah Berakhir ?

D'On, Padang (Sumbar),- Jalur Sitinjau Lauik yang menghubungkan Padang dengan Solok kian membuat pengendara cemas, pasalnya maut selalu mengintai setiap perjalanan, apalagi pemandangan kemacetan yang kian parah di jalur tersebut.


Tanah longsor, kendaraan terbalik, tangki CPO mengalami kebocoran, hingga jalan licin membahayakan pengguna jalan, dan hal ini kerap selalu terjadi.

Biasanya waktu tempuh normal bagi pengendara hanya 1,5 sampai 2 jam saja, namun akhir-akhir ini bisa mencapai 5 bahkan 6 jam. Pernyataan ini disampaikan Dio seorang Sopir Travel. 

Diungkapkan Dio kendaraannya terjebak kemacetan dari jam 4 sore dan sampai Padang jam 11 malam, ia mengalami kemacetan Gegara terbaliknya mobil tangki di sitinjau Lauik.

"Itu baru mobil terbalik, apalagi saat hujan turun, kami sebagai sopir travel selalu was-was akan bahaya longsor yang akan terjadi. Kala hujan turun pendangan kedepanpun samar karena kabut karena minimnya lampu penerangan jalan," ucap Dio kepada Dirgantaraonline, Senin (26/9/2022).

Kerap terjadinya musibah ini tentu saja mempengaruhi tingkat produktifitas dan efisien waktu sehingga menimbulkan biaya tinggi, keluhnya.

Jalur Sitinjau Lauik juga kerap terjadi kecelakaan karena jalan yang licin. Pengendara sepeda motor banyak yang terjatuh bergelimpangan dan mengalami kecelakaan. 

Kemacetan di jalur Sitinjau Lauik membuat pemilik kendaraan mengalami pengeluaran yang tinggi, macet bukan hanya menyita waktu namun membuat suku cadang kendaraan menjadi aus dan mengakibatkan kerusakan pada kendaraan, belum lagi dengan harga BBM yang naik membuat pengeluaran semakin membesar.

Sejatinya jalur transportasi Sitinjau Lauik merupakan urat nadinya dan jalur padat kendaraan yang menghubungkan antar kota dan antar propinsi di Sumatera Barat. 

Akankah hal ini akan terus dibiarkan berlarut-larut oleh pihak yang berwenang ?

Sampai kapan maut mengingat para pengendara ?

Mudah-mudahan ada solusi yang cepat dan tepat untuk menyelesaikan ini semua, sehingga derita para pengendara usai sudah. Semoga


(Mond)


#jalan #SitinjauLauik #Sumbar


No comments