Breaking News

KPK Buka Suara Terkait Teka-teki Penggunaan Mikrofon Usai Anies Baswedan Diperiksa

D'On, Jakarta,- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan tidak menyediakan mikrofon kepada para pihak ataupun saksi yang diperiksa, termasuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.


"KPK tidak pernah menyediakan mikrofon khusus untuk pihak yang diundang ataupun dipanggil guna keperluan penyelidikan maupun penyidikan ketika akan memberikan tanggapan terhadap media," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri melalui pesan tertulis, Rabu (7/9) malam.

Usai menjalani proses klarifikasi dalam penyelidikan penyelenggaraan Formula E, Anies memberikan keterangan kepada awak media layaknya jumpa pers di depan lobi Gedung KPK, semalam.

Mantan Menteri Pendidikan itu berbicara menggunakan mikrofon di lobi Gedung Merah Putih KPK. Anies pernah melakukan tindakan yang sama usai diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi terkait pengadaan tanah di Munjul beberapa waktu lalu.

Hingga kini, belum ada pernyataan dari Anies atau Pemprov DKI Jakarta perihal mikrofon yang dipakai Anies ini.

Anies diperiksa selama kurang lebih 11 jam oleh tim penyelidik lembaga antirasuah terkait dengan ajang balap mobil listrik Formula E di Jakarta beberapa waktu lalu. Anies meyakini keterangan yang dirinya sampaikan bisa membantu KPK.

"Tadi kami diminta memberikan bantuan keterangan dan sudah disampaikan, Insya Allah dengan keterangan yang tadi kami sampaikan, akan bisa membuat menjadi terang," tutur Anies.

"Sehingga isu yang sedang didalami akan bisa menjadi terang benderang dan memudahkan dalam KPK menjalankan tugas," lanjutnya.

Dalam proses penyelidikan ini, KPK sudah mengklarifikasi sejumlah pihak. Mereka antara lain mantan Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto, Penasihat Kemenparekraf Dino Patti Djalal.

Kemudian Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, dan Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Anggara Wicitra Sastroamidjojo.

Khusus Prasetyo, ia sudah diklarifikasi sebanyak dua kali. Menurut, penyelidik KPK mengonfirmasi mengenai anggaran untuk Formula E.

Bukan kali ini saja Anies berbicara menggunakan mikrofon usai diperiksa KPK. Saat diminta keterangan dalam kasus dugaan korupsi pengadaan tanah di Munjul, Jakarta Timur, ia juga memakai mikrofon saat menjawab wartawan.


(lna/fra)

#AniesBaswedan #Korupsi #KPK #KorupsiFormulaE #Viral