Breaking News

Bacaan Doa Ketika Hujan dan Banjir Melanda Agar Cepat Surut dan Artinya

Dirgantaraonline.co.id,- Bencana bisa datang kapanpun di luar kendali manusia, salah satunya bencana banjir. Ada doa banjir agar cepat curut yang bisa diamalkan sebagai bentuk ikhtiar memohon pertolongan Allah SWT.


Tingginya curah hujan di suatu daerah bisa menyebabkan volume air meningkat hingga menyebabkan banjir. Terlebih jika daerah tersebut tidak memiliki saluran air yang memadai, bencana banjir tak bisa dihindari lagi.

Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk membaca doa banjir saat menghadapi bencana ini. Doa banjir agar cepat surut ini untuk meminta perlindungan dan pertolongan kepada Allah agar dijauhkan dari segala musibah.

Doa saat Hujan Deras

Umat muslim dapat membaca doa banjir ini ketika sedang terjadi hujan deras. Dengan ini, kita akan tetap terasa lebih aman dan tidak khawatir.

Doa ini untuk meminta agar hujan tidak mengguyur secara deras dan dapat merusak hal yang berada di sekitar kita.

“Allahumma haawalaina wala 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari." (HR. Bukhari)

Artinya: "Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan."

Doa Ketika Mendengar Petir

Baca doa ini ketika mendengar petir yang keras dan bisa saja mengancam suatu tempat. Pada umumnya, suara petir yang keras juga dibarengi dengan angin kencang dan curah hujan yang tinggi. Doa ini niscaya dapat membuat lebih tenang dan terasa aman.

"Subhaanalladzii yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih." (HR. Imam Malik)

Artinya: "Maha Suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbihlah halilintar dan para malaikat karena takut kepada-Nya".

Doa Nabi Nuh AS saat Banjir

Nabi Nuh AS memanjatkan doa kepada Allah SWT ketika seluruh dunia terkena banjir bah. Doa Nabi Nuh AS ini sebagaimana difirmankan oleh Allah SWT dalam Al-Quran Surat Hud ayat 44 sebagai berikut.

“Wa qila ya ardubla'i ma`aki wa ya sama`u aqli’i wa gidal-ma`u wa qudiyal-amru wastawat 'alal-judiyyi wa qila bu'dal lil-qaumiz-zalimin” (QS. Hud: 44)

Artinya: Dan difirmankan: "Hai bumi telanlah airmu, dan hai langit (hujan) berhentilah," dan airpun disurutkan, perintahpun diselesaikan dan bahtera itupun berlabuh di atas bukit Judi, dan dikatakan: "Binasalah orang-orang yang zalim."

Doa Terhindar dari Bencana dan Musibah

Berikut ini bacaan agar terhindar dari segala bencana dan musibah. Bencana dan musibah yang dimaksud adalah banjir. Oleh karenanya, kamu dapat mengamalkan doa agar dijauhkan dari bencana kepada Allah SWT.

"Allahumma inni a’udzu bika min zawali ni’matika, wa tahawwuli afiyatika, wa fuja’ati niqmatika, wa jami’i sakhathika" (HR. Muslim)

Artinya: "Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari lenyapnya nikmat-Mu, dari beralihnya keselamatan (yang merupakan anugerah)-Mu; dari datangnya siksa-Mu (bencana) secara mendadak, dan dari semua kemurkaan-Mu"

Itulah ulasan mengenai doa banjir agar cepat surut yang bisa diamalkan. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.

(Al-ayubbi)

#DoasaatBanjir #DoasaatHujan #Doasaatpetir #kumpulandoa