Breaking News

Sampai Pukul 18 WIB, Tercatat Sudah 32 Kali Gempa Susulan Terjadi di Pasaman Barat

D'On, Pasaman Barat (Sumbar),- Gempa bermagnitudo (M) 6,2 terjadi di Kabupaten Pasaman Barat pagi tadi. Sampai pukul 18.00 Wib, Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Padang Panjang mencatat terjadi 32 kali gempa susulan.


"Gempa susulan tersebut terjadi usai gempa berkekuatan M 6,2 terjadi dan kekuatannya di bawah M 5," kata Staf operasional BMKG Padang Panjang, Yuan. Demikian dikutip dari Antara, Jumat (25/2).

Gempa susulan yang terjadi di titik cukup dangkal. Yakni di bawah kedalaman 10 kilometer dengan kekuatan di bawah M 5.

Sementara itu gempa berkekuatan kecil juga terjadi usai pukul 18.00 WIB, sebanyak tiga kali dengan kekuatan 2,9 SR lalu 2,8 SR dan 3,2 SR dengan kedalaman masing-masing tiga kilometer dan 10 kilometer.
Sebelumnya gempa bumi bermagnitudo 6,2 mengguncang wilayah Sumatera Barat tepatnya 17 km timur laut Pasaman Barat pada Jumat pukul 08.39 WIB, gempa yang berlokasi di 0.15 derajat lintang utara, 99.98 derajat bujur timur pada kedalaman 10 km itu tidak berpotensi tsunami

Kasi Kedaruratan BPBD Pasaman Barat, Gusrizal merilis nama korban meninggal dunia akibat tertimpa rumah di Kajai Kecamatan Tamau, Pasaman Barat.

Korban meninggal dunia akibat gempa Pasaman Barat sudah teridentifikasi, yaitu Asri Dewi Lestari (24) warga Jembatan Panjang, Fatih (2) warga Jembatan Panjang dan Neni Herawati (47) warga Pasa Lamo Kajai.

Saat ini ketiga jenazah akan segera dikebumikan oleh keluarga. Sampai Jum'at siang selain korban jiwa, PMI Pasaman Barat juga mencatat terdapat 100 rumah rusak berat dan 300 rumah rusak ringan.

Kemudian terdapat 5.000 jiwa warga yang mengungsi di 35 titik dan sarana umum seperti masjid dan perkantoran juga rusak.

(mdk/lia)

#gempa #gempapasaman #sumbar