Breaking News

Lionel Messi Raih Ballon d'Or Ketujuh Kalinya

D'On, Paris (Prancis),- Penghargaan pemain terbaik dunia, Ballon d'Or 2021 diraih Lionel Messi. Pemain PSG itu mengungguli Robert Lewandowski dan Jorginho. Messi menerima penghargaan yang diberikan majalah France Football itu di Theater du Chatelet Paris, Prancis, Senin waktu setempat atau Selasa dinihari, 30 November.


Lionel Messi meraih penghargaan ini untuk ketujuh kalinya, yang terbanyak dalam sejarah Ballon d'Or. Ia sebelumnya juga menjadi yang terbaik pada 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, dan 2019.

Pesaing terdekatnya adalah Cristiano Ronaldo, yang sudah mengemas 5 trofi. Namun, tahun ini, pemain Manchester United dan Timnas Portugal itu hanya berada di posisi keenam.

Penghargaan Ballon d'Or diberikan oleh majalah Prancis, French Football yang digelar sejak 1956. Penghargaan ini digagas oleh penulis majalah tersebut, Gabriel Hanot, yang meminta rekan-rekannya untuk memilih pemain terbaik di Eropa pada tahun 1956. Dalam gelar perdananya, Stanley Matthews yang saat itu bermain dalam klub Blackpool berhasil keluar sebagai pemenang.

Pada 2010, France Football dan FIFA sempat bekerja sama menggabungkan gelar pemain terbaik. Saat itu Presiden FIFA Sepp Blatter membeli hak penyelenggaraan itu sebesar 15 juta euro. FIFA sendiri sudah memberikan penghargaan serupa sejak 1991.

Pada 2016, kerja sama antar keduanya berhenti seiring FIFA mengakhiri kerja sama dengan majalah France Football. Dengan demikian, selanjutnya ada pemain terbaik dunia versi FIFA dan pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) versi majalah Prancis, France Football.

(Alang/tempo)

No comments