Breaking News

Wali Kota Mahyeldi Launching KKS Tahap II Program Sembako Tahun 2020

D'On, Padang,- Wali Kota Padang H.Mahyeldi me-launching Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Tahap II Program Sembako dalam rangka penanganan Covid-19, di Masjid Nurul Ilmi, Kecamatan Pauh, Universitas Andalas, Senin (1/9/2020).

Launching itu ditandai dalam bentuk penyerahan Buku Tabungan dan KKS kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan Penyerahan secara simbolis Graduasi KPM Program Kelurga Harapan (PKH) oleh wali kota didampingi Kepala Dinas Sosial Afriadi, Camat Pauh Jasman dan unsur Forkompica setempat.
Wali Kota Mahyeldi menjelaskan, program Sembako merupakan bentuk intervensi pemerintah untuk meningkatkan kualitas ketahanan keluarga sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Kota Padang.

"Untuk itu diharapkan masyarakat dapat memaknai kepedulian pemerintah ini sebagai pendorong dan pemicu tumbuhnya semangat untuk berkembang secara mandiri," terangnya.

Lebih jauh dijelaskan, program Sembako ini juga dapat sekaligus meningkatkan ekonomi kerakyatan dengan memberdayakan e-Warung sehingga dapat melayani transaksi secara elektronik melalui sistem perbankan. 

"Dengan demikian maka penyaluran Sembako ini akan dapat mendorong perilaku produktif masyarakat penerima bantuan, mendorong usaha enceran masyarakat, memberikan akses jasa keuangan pada masyarakat keluarga penerima manfaat dan akuntabilitas program," jelasnya.

Selanjutnya, orang nomor satu di Kota Padang itu menyampaikan apresiasi kepada 348 keluarga penerima manfaat program keluarga harapan yang menyatakan diri untuk graduasi secara mandiri.

"Ini menandakan bahwa program PKH yang telah dikucurkan dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masing-masing KPM," ungkap Wako Mahyeldi mengakhiri.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Afriadi mengatakan,pada tahun 2020 terjadi perluasan dan perubahan kebijakan program Sembako dalam rangka penanganan Covid-19. Dimana, perluasan penerima pada tahap I berjumlah 2.562 KPM dan perluasan penerima tahap II berjumlah 9.975 KPM. Perluasan Sembako ini mendapat bantuan per KPM sebesar Rp.200 ribu mulai April-Desember 2020.

"Pencairan dana dapat dilakukan di e-Warung  terdekat se Kota Padang," jelas Afriadi.

Adapun rincian jumlah penerima KPM perluasan Sembako Tahap II se Kota Padang yakni, Kecamatan Bungus Teluk Kabung sebanyak 596 orang, Koto Tangah 1.992 orang, Kuranji 1.654 orang, Lubuk Begalung 954 orang, Lubuk Kilangan 491, Nanggalo 653 orang, Padang Barat 659 orang, Padang Selatan 1.074 orang, Padang Timur 829 orang, Padang Utara 478 orang, dan Kecamatan Pauh 695 orang.

(Muliadi/hms pdg)