Dibekali Teknis, Kader PKK Pahalanya Berlipat-lipat

D'On, Padang (Sumbar),- Kader PKK di Kota Padang mendapat bimbingan teknis dari TP-PKK Provinsi Sumatera Barat. Bertempat di salah satu hotel berbintang di Padang, Jumat (15/9/2022), bimbingan teknis tersebut dibuka langsung oleh Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat, Ny Harneli Mahyeldi. 


Dalam sambutannya, Ny Harneli Mahyeldi menyebut bahwa kader PKK adalah orang yang mampu menunjukkan dedikasinya di tengah masyarakat. Meski tidak digaji, akan tetapi di mata Allah, gajinya sungguh besar.

"Ketika berhasil memberikan sosialisasi kepada masyarakat, saya yakin pahala kader PKK berlipat-lipat," ujar Ny Harneli Mahyeldi di depan peserta bimbingan teknis. 

Diakui Ny Harneli Mahyeldi, pengurus serta kader PKK merupakan orang yang memilik kemauan, mampu dan memiliki waktu. Menurutnya, PKK memang harus terus dibesarkan dan berbuat di tengah masyarakat. 

"Ketika ada pengurus PKK yang hanya nebeng nama saja di kepengurusan, sebaiknya disisip dengan orang lain yang mau, punya waktu, serta mampu," sebutnya. 

Ny Harneli Mahyeldi juga berpesan kepada seluruh kader PKK agar ilmu yang didapat tidak saja diberikan kepada masyarakat. Namun juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Menjadi penghasilan tambahan serta membantu roda perekonomian keluarga. 

Bimtek bagi kader PKK Kota Padang diikuti sekitar seratusan kader dari kecamatan dan kelurahan. Kegiatan ini digelar selama sehari penuh dengan narasumber dari TP-PKK Provinsi Sumatera Barat. 

Pada bimtek tersebut hadir Plt Kepala DP3AP2KB Kota Padang, Alfiadi yang mewakili Wali Kota Padang. Dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya sangat menyambut baik kegiatan bimtek tersebut. Menurutnya, posisi dan peranan gerakan PKK sesungguhnya sudah dapat menggambarkan betapa strategisnya fungsi TP-PKK beserta kader yang tersebar di kelurahan. PKK menurutnya dapat menjadi perekat antara fungsi-fungsi kemasyarakatan dan fungsi-fungsi pemerintahan. 

"TP-PKK juga dapat berperan sebagai unsur terdepan yang akan menggalang peran serta masyarakat," katanya. 

Dirinya juga berpesan kepada seluruh pengurus PKK agar menjadi pelopor dalam ketertiban, kebersihan dan meningkatkan partisipasi dalam pengelolaan makanan atau menyediakan pusat oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Padang. Termasuk memberikan pelayanan yang baik kepada seluruh tamu yang datang. 

"Sebab Padang sering menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan atau iven nasional maupun internasional," harapnya. 

Sementara, Ketua TP-PKK Kota Padang Ny Genny Hendri Septa dalam eksposnya menyampaikan pelaksanaan kegiatan TP-PKK Kota Padang sepanjang tahun 2022 ini. Seperti bidang Sekretariat yang telah melaksanakan pelaksanaan bulan bakti kelompok dasawisma selama bulan Maret lalu. Termasuk memberikan bantuan bagi daerah lain yang tertimpa bencana. 

"Serta seluruh Pokja yang telah bekerja keras demi terwujudnya 10 program PKK," katanya. 

Ny Genny Hendri Septa mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada pengurus TP-PKK Provinsi Sumatera Barat yang telah memberi bekal teknis kepada seluruh kader PKK di Kota Padang. Karena menurutnya, pengurus PKK di kecamatan dan kelurahan yang selalu berganti. 

"Tentu dengan bimtek ini akan menambah wawasan kita," jelasnya. 

Bimtek bagi kader PKK Kota Padang itu dihadiri Ketua DWP Kota Padang Ny Vanny Andree Algamar. Dalam bimtek itu dibagi tiga kelas. Masing-masing pemateri memberi bimbingan teknis dan edukasi kepada kader yang hadir.

(Charlie Ch. Legi)


#TPPKK #PKK #PemkoPadang #Padang #Sumbar

Powered by Blogger.