Rakernas Apeksi XV di Padang, Ini Agendanya

D'On, Padang (Sumbar),- Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) XV di Padang ditabuh 7-10 Agustus 2022 mendatang. Selama empat hari itu, delapan acara, satu iven spesial dan tiga kegiatan pendamping dilangsungkan. Apa saja itu?


Asisten I Setdako Edi Hasymi saat ditanyai mengatakan, kegiatan Rakernas Apeksi tidak saja diisi dengan rapat antar pengurus yang notabene seluruh wali kota se-Indonesia. Akan tetapi juga diisi dengan agenda lain.

“Rakernas Apeksi di Padang akan diadakan lebih semarak dan meriah, akan banyak iven yang kita selenggarakan,” ucap Edi Hasymi, Minggu (26/6/2022).

Pada hari Minggu (7/8/2022), tiga kegiatan digelar hampir secara bersamaan. Seperti kegiatan “Youth City Changers” yang diadakan di Gedung Youth Center Kota Padang di jalan Bagindo Aziz Chan. Kegiatan yang merupakan ajang kolaborasi delegasi kaum muda dari 98 kota se-Indonesia itu dimulai pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB.

“Kegiatan itu merupakan wadah penguatan sinergi para pemimpin kota masa depan. Juga konsolidasi agen perubahan, pembangunan berkelanjutan, pemberdayaan milenial, dan gerakan bangga produk lokal,” sebut Edi Hasymi yang juga Ketua Harian Rakernas Apeksi XV Padang itu.

Selain itu, di hari dan waktu yang sama juga dilaksanakan “Indonesia City Expo” (ICE) tahun 2022. Pembukaan ICE 2022 itu diadakan di RTH Imam Bonjol. Kegiatan ini menghadirkan 120 lebih stand pameran, pertunjukan musik, stand up comedy, serta pertunjukan budaya.

“Kegiatan ini merupakan hiburan bagi seluruh warga kota,”ujar Edi Hasymi.

Jamuan makan malam seluruh wali kota se-Indonesia digelar pada malam harinya mulai pukul 19.00 WIB di Hotel Truntum. Jamuan makan malam yang diselingi dengan pertunjukan budaya itu untuk mempererat silaturahim antar wali kota.

Esoknya, Senin (8/8/2022), digelar kegiatan “Ladies Program” di Hotel Santika pada pukul 08.00 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh istri wali kota. Seluruhnya akan mengenakan pakaian tradisional daerah masing-masing.

Pembukaan Rakernas Apeksi XV dimulai pada pukul 08.30 WIB di Hotel Truntum. Direncanakan, Rakernas Apeksi XV dibuka Presiden RI, serta menghadirkan dua pembicara.

“Kita mengundang Mendagri Tito Karnavian dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pada pembukaan rakernas,” sebut Edi Hasymi.

Di hari yang sama, seluruh wali kota beserta istri dijadwalkan menanam pohon durian di Sungai Lareh. Penanaman pohon durian digelar mulai pukul 16.00 WIB. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan peresmian Tugu Apeksi di Kompleks Perkantoran Balaikota di Aie Pacah mulai pukul 19.00 WIB.

Hari ketiga pelaksanaan Rakernas Apeksi XV di Padang dimulai dengan agenda bersih-bersih Pantai Padang pada pukul 06.00 WIB. Dilanjutkan dengan Gowes dan Sarapan, serta kegiatan “Marandang” dan membuat “Teh Talua” di Pantai Padang. Sementara itu, pada pukul 09.00 WIB digelar Seminar Nasional Dinas Lingkungan Hidup se-Indonesia. Kegiatan yang diadakan di Hotel Mercure itu bertemakan pengelolaan sampah perkotaan.

“Pada hari itu juga ditentukan siapa yang menjadi tuan rumah Rakernas Apeksi tahun 2023. Dan malam harinya digelar Pawai Budaya Nusantara di jalan utama Pantai Padang,”kata Asisten I Setdako.

Penutupan Indonesia City Expo 2022 dilakukan pada hari terakhir Rakernas Apeksi, Rabu (10/8/2022). Setelah itu seluruh wali kota beserta istri akan berjalan-jalan keliling Padang sampai berwisata kuliner.

(Charlie Ch. Legi)


#Apeksi #padang #sumbar

Powered by Blogger.