Beraksi di 15 TKP, Komplotan Jambret Berhasil Dibekuk Polisi

D'On, Sukabumi (Jabar),- Satuan Reserse dan Kriminal Polres Sukabumi membekuk komplotan jambret di dua lokasi berbeda. Empat orang diamankan dan berstatus satu komplotan. Selain mereka, satu orang masih diburu polisi dan berstatus DPO.


Hasil pengembangan polisi, selama melakukan aksi kriminalnya, para pelaku diketahui menyasar korban perempuan di 15 TKP. Selain barang bukti hasil kejahatan petugas juga mengamankan kendaraan yang dipakai untuk menjalankan aksinya.

"Polres Sukabumi melaksanakan Operasi Libas 2022, kami mengamankan empat orang tersangka begal atau pelaku pencurian kekerasan, jambret satu komplotan mereka berjumlah empat orang. Sebenarnya lima, namun satu berstatus DPO. Mereka diamankan di dua tempat berbeda. Jadi beraksi di wilayah Simpenan, Cibuntu dan satu lagi di SPBU Bagbagan," kata Wakapolres Sukabumi Kompol Bimo Moernanda, Kamis (26/5/2022).

Hingga saat ini polisi masih mengorek keterangan dari para pelaku. Pengakuan mereka saat beraksi kerap berganti pasangan.

"Modusnya saling bertukaran pasangan di setiap melakukan aksinya, barang bukti yang kita amankan dompet dan isinya, handphone dan dua kendaraan untuk mereka beraksi. Mereka diketahui sudah 15 kali beraksi. Saat ini masih kita cari korban-korbannya untuk membuat laporan," lanjut Bimo.

Para pelaku diketahui kerap beraksi di tempat sepi, sasarannya adalah perempuan. Sebelum beraksi, para pelaku lebih dulu melakukan pengintaian korbannya dan memastikan situasi sepi.

"Sasaran orang yang lewat di tempat sepi, lalu memilih korban secara acak. Beraksi di lokasi yang tidak terlalu ramai dan korban lengah atas barang yang mereka pegang. Tas dikepit di lengan misalnya. Dari 15 TKP mayoritas korbannya perempuan," ujar Kasatreskrim AKP I Putu Asti Hermawan menambahkan.

"Mereka ada yang berstatus resedivis satu orang. Jadi operasi Libas ini digelar selama 10 hari ke depan hingga tanggal 4 Juni dengan serentak se-Jawa Barat. Sasaran kami pencurian dengan kekerasan, pencurian kendaraan bermotor, dan geng motor. Operasi ini untuk memelihara kamtibmas di wilayah hukum Polres Sukabumi dan Jawa Barat secara umum," sambung Putu.

(sya/ors)

#KomplotanJambret #Jambret #Kriminal


Powered by Blogger.