MotoGP Argentina: Aleix Espargaro Menangi Duel Sengit

D'On, Argentina,- Aleix Espargaro menang MotoGP Argentina 2022 setelah memenangi duel sengit melawan Jorge Martin di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Santiago, Minggu (3/4).


Martin memulai start dengan sempurna dengan memimpin atas Aleix Espargaro, disusul Luca Marini dan Pol Espargaro. Fabio Quartararo yang start dari posisi keenam hanya mampu menyelesaikan lap pertama dengan berada di posisi 9.

Quartararo yang menyebut MotoGP Argentina sebagai seri balapan paling sulit musim ini sudah terpuruk di posisi ke-13 pada lap ketiga.

Memasuki lap kelima Martin dan Aleix Espargaro sudah mulai menjauh dari pembalap di belakangnya hingga keunggulan lebih dari 1,4 detik. Keunggulan kemudian menjadi lebih dari 2,3 detik pada lap delapan.

Persaingan ketat terus terjadi antara Martin dengan Aleix Espargaro hingga setengah balapan atau 13 lap. Aleix berhasil memangkas jarak menjadi hanya 0,3 detik dari Martin. Di saat bersamaan Alex Rins juga mulai mendekat di posisi ketiga dengan 1,7 detik.

Nasib sial dialami Yamaha memasuki setengah balapan. Selain Andrea Dovizioso dan Franco Morbidelli gagal finis, Quartararo juga kesulitan masuk ke posisi 10 besar.

Kesialan yang sama juga dialami Honda. Pol Espargaro mengalami kecelakaan di tikungan 2 pada lap ke-15. Membuat mimpi buruk Honda berlanjut sejak MotoGP Mandalika dengan Marc Marquez absen balapan dan Takaaki Nagakami serta Stefan Bradl tidak mampu bersaing.

Pergantian pimpinan balap sempat berganti sejenak pada lap ke-18 ketika Aleix Espargaro menyalip Martin di jalur lurus, tapi kemudian kembali disalip Martin di tikungan 5.

Momen penting Aleix Espargaro terjadi pada lap ke-21. Mantan pembalap Suzuki itu akhirnya berhasil melewati Martin di tikungan lima.

Momen penting Aleix Espargaro terjadi pada lap ke-21. Mantan pembalap Suzuki itu akhirnya berhasil melewati Martin di tikungan lima.

Martin berusaha keras untuk menjaga jarak dan menekan Aleix Espargaro. Namun Martin mulai kehilangan cengkeraman ban. Aleix Espargaro akhirnya memberi Aprilia kemenangan pertama bersejarah di MotoGP.

Martin finis kedua dengan Alex Rins merebut podium ketiga MotoGP Argentina 2022.

Hasil MotoGP Argentina 2022

1. A. ESPARGARO 41 menit 36,198 detik
2. J. MARTIN +0.807
3. A. RINS +1.330
4. J. MIR +1.831
5. F. BAGNAIA +5.840
6. B. BINDER +6.192
7. M. VINALES +6.540
8. F. QUARTARARO +10.215
9. M. BEZZECCHI +12.622
10. E. BASTIANINI +12.987


(har)

#MotoGP #GPArgentina #AleixEspargaro #Olahraga #BalapMotor


Powered by Blogger.