Stafsus Jokowi Ayu Kartika Menikah Beda Agama di Katedral Jakarta

D'On, Jakarta,- Staf khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ayu Kartika Dewi, menikah dengan seorang pria bernama Gerald Sebastian hari ini, Jumat (18/3). Keduanya menjalani prosesi pernikahan dengan dua cara yaitu akad nikah Islam sesuai agama Ayu dan proses pernikahan di Katedral sesuai agama Gerald.


Ayu menggelar akad nikah di Hotel Borobudur Jakarta secara Islam, sekitar pukul 07.30 pagi. Setelah itu dilanjutkan dengan misa pemberkatan di Katedral Jakarta pukul 10.00. Prosesi pernikahan disiarkan langsung di YouTube Ayu Kartika Dewi.

Dari siaran YouTube terlihat, akad nikah dilakukan langsung oleh Ayah kandung Ayu, Tri Budi Mulyono. Sedangkan pada misa pemberkatan dipimpin oleh Uskup KAJ, Kardinal Ignatius Suharyo.

Dalam prosesi pernikahan, Ayu terlihat mengenakan gaun dan jilbab putih. Pada saat yang sama, Gerald tampak mengenakan jas hitam dengan korsase putih.

Pada saat akad nikah, tampak Ayu dan Gerald diberi nasihat pernikahan dan diminta untuk tidak meninggalkan satu sama lain hingga maut memanggil. Setelahnya, Ayu dan Gerald mengangguk.

"Berjanji pada siapa?" tanya penceramah.

"Pada Tuhan," ujar Gerald.

"Pada Tuhan dan hakim wali nikah kalian," tegasnya.

Secara terpisah ketika dikonfirmasi, Uskup KAJ, Kardinal Ignatius Suharyo mengungkapkan bahwa dirinya diminta untuk memimpin misa pernikahan oleh pendamping keduanya.

"Yang mendampingi mereka Rama Adi Prasadja dan Rama meminta saya memimpin peneguhan nikah mereka," ujar Suharyo, Jumat (18/3).

Meski demikian, ia tidak mengetahui apakah proses pernikahan Ayu dan Gerald menjadi misa pernikahan pertama yang dilakukan di Katedral atau tidak.

"Saya tidak tahu, apakah ini yang pertama," sambung Suharyo.


(cfd/wis)

#NikahBedaAgama #StafsusJokowi #Pernikahan

Powered by Blogger.