Praja Wanita, Perempuan Bermental Baja, Tegas Tegakan Perda

D'On, Padang (Sumbar),- Profesi Satpol PP seharusnya hanya digeluti oleh kaum laki-laki, karena, selain tugasnya yang berat juga sangat berisiko, namun, menjadi seorang penegak Perda ini juga banyak diminati oleh kaum perempuan, seperti di Kota Padang, kurang lebih sekitar 42 orang perempuan-perempuan cantik, aktif dalam melaksanakan tugas, mereka terbentuk dalam satu pleton yang bernama Pleton Praja Wanita, Pleton Praja Wanita ini juga dikomandoi oleh seorang komandan Pleton yang juga perempuan. 


Meski mereka terdiri dari perempuan-perempuan bermental baja, namun tetap terkesan keibuannya, kemampuan mereka dalam melaksanakan tugas di lapangan tak perlu diragukan lagi, saban hari mereka ini melakukan patroli di seluruh wilayah Kota Padang, tentu ini pekerjaan yang penuh resiko dan tidak mudah, karena mereka bersentuhan langsung dengan para pelanggar yang tak jarang mereka mendapat sambutan kasar oleh pelanggar. 

Dengan sebuah unit kendaraan patroli bertuliskan Praja Wanita, mereka langsung melakukan penertiban secara persuasif terhadap temuan pelanggaran terutama Pedagang Kaki Lima,  yang kerap ditemukan di trotoar maupun badan jalan, terutama jalan Protokol Kota Padang. 

Terlihat di lapangan dengan cakap dan humanis mereka menghimbau para pelanggar Perda, agar lebih menaati aturan yang berlaku, bahkan tak jarang banyak temuan pelanggaran, Praja Wanita ini juga sering kali melakukan penyitaan barang-barang milik PKL untuk diamankan ke Satpol PP Padang, meski mereka terdiri dari perempuan-perempuan cantik nan lembut, namun mereka akan bersikap tegas dalam melakukan penindakan terhadap pelanggar Perda. 

Salah seorang dari mereka merasa bangga sebagai petugas penegak Perda. 

"Tentu suatu kebahagiaan tersendiri bisa bergabung di Kesatuan Satpol PP Padang dan melakukan pengabdian untuk orang banyak," Ucapnya. 

Pleton Praja wanita juga salah satu unit kebanggaan Satpol PP Padang , kenapa tidak, mereka ini ujung tombaknya Satpol PP dalam melakukan sosialisasi dan patroli wilayah di seluruh wilayah Kota Padang setiap harinya,  kalau di kepolisian ada Polwan, di Satpol PP pun ada Praja Wanita yang tugasnya tidak berbeda dengan Satpol PP yang Laki-laki. 

"Kita sangat bangga dengan keberadaan Praja Wanita Satpol PP Padang yang sangat tangguh, terkadang untuk menghadapi kekerasan, diperlukan hati yang lembut dan berparas cantik untuk menghindari gesekan di lapangan, mereka perempuan-perempuan cantik ini rela meninggalkan anak-anak dan keluarga mereka demi tugas dan tanggung jawab, semua itu agar Kota Padang tertib, tentram dan nyaman," Jelas Mursalim, senin, (14/3/22). 

Selain itu, diketahui rata-rata para perempuan ini berlatar belakang sebagai atlit Bela diri, sebut saja, Michel, yang ditugaskan sebagai komandan pleton di Praja Wanita, perempuan cantik ini menekuni bidang pencak silat, dan telah mengikuti berbagai kejuaraan, baik daerah maupun tingkat nasional, Wanita ini bergabung di Satpol PP Padang dalam rekrutmen CPNS 2019 lalu. tidak hanya Michel, sejumlah personil perempuan lainnya seperti Suci Kurnia Dewi dari cabang bela diri Kempo pada PON Papua kemarin, berhasil meraih medali Perunggu untuk Sumatera Barat. Ada juga Tiara Puja Kusuma dari karate bahkan sudah menjadi pelatih karate untuk Sumatera Barat,  juga ada Mairina Nur Putri Dari Cabang Olahraga Wushu yang juga tidak diragukan prestasinya untuk Sumatera Barat, berbagai prestasi telah disumbangkan dari Cabang Olahraga bela diri dari negeri cina ini, selain itu juga Tata dari Cabor judo, dengan berbekal kemampuan bela diri tentu ini menjadi bekal untuk mereka dalam melaksanakan tugas sebagai penegak Perda Pemko Padang.

(*)

#PrajaWanita #SatpolPP #Padang #Sumbar

Powered by Blogger.