Arti Marhaban Ya Ramadhan dan Penggunaannya dalam Kalimat

Dirgantaraonline.co.id,- Marhaban ya ramadhan artinya mungkin belum terlalu dipahami walau kalimat ini amat sering diucapkan dan dipergunakan saat menyambut datangnya bulan suci ramadhan.

Secara singkat bisa dibilang bahwa kalimat marhaban ya ramadhan artinya adalah sebagai ucapan selamat datang bagi bulan ramadhan. Tapi, untuk lebih jelasnya ada baiknya kita simak ulasan singkat berikut ini beserta dengan contoh kalimatnya agar lebih mudah untuk dipahami.


Arti Marhaban Ya Ramadhan dan Contoh Kalimatnya

Saat bulan suci ramadhan hadir, kalimat ini sering digunakan oleh tokoh-tokoh nasional, pemuka agama, hingga masyarakat umum. Tapi banyak yang belum memahami marhaban ya ramadhan artinya apa dan bagaimana cara menggunakannya dalam kalimat yang baik dan benar.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), marhaban artinya adalah “kata seru untuk menyambut dan menghormati tamu”. Karena itulah kalimat marhaban ya ramadhan sering dimaknai sebagai ucapan selamat datang untuk bulan yang penuh berkah ini.

Namun,bukan hanya itu maknanya. Melansir dari buku Lentera Al Quran, M. Quraish Shihab, 1994, marhaban berasal dari kata rahb yang berarti “luas atau lapang". Dari kata rahb, terbentuklah kata rahbah yang merujuk pada ruangan luas untuk mobil guna memperoleh perbaikan atau kebutuhan bagi kelanjutan perjalanannya. Sehingga marhaban menggambarkan bahwa tamu yang datang disambut dengan lapang dada dan penuh kegembiraan.

Dengan demikian arti marhaban ya ramadhan secara luas yaitu "Selamat datang Ramadhan, kami menyambutmu dengan penuh kegembiraan dan kami persiapkan untukmu tempat yang luas agar engkau bebas melakukan apa saja yang berkaitan dengan upaya mengasah dan mengasuh jiwa kami.”

Agar makna kalimat marhaban ya ramadhan ini lebih mudah dimengerti, berikut ada beberapa contoh penggunaannya dalam kalimat yang bisa kita simak bersama.

1. Di bulan yang suci ini, izinkanlah saya berbagi suka cita dan berucap “Marhaban ya Ramadhan”. Mohon maaf atas semua khilaf dan salah, yang disengaja pun yang tidak disengaja.

2. Marhaban ya ramadhan. Semoga puasaku, puasamu dan semua ibadah dan amal kebaikan kita semua diterima oleh Allah Ta’ala, dan semua dosa kita diampuni oleh-Nya. Aamiin.

3. Marhaban ya Ramadhan. Bulan suci telah tiba. Inilah waktu yang tepat mensucikan diri dari segala dosa. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

4. Saat datang Bulan Ramadhan, maka pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. Selamat menunaikan ibadah puasa, mohon dibukakan segala pintu maaf atas semua kesalahan. Marhaban ya ramadhan.

5. Mengingat kata yang salah. Hati yang berprasangka. Janji yang terlupakan. Sikap dan sifat yang menyakitkan. Di hari ini izinkanlah, aku mengucap, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban Ya Ramadhan.

Semoga ulasan tadi bermanfaat bagi kita semua dalam memahami makna marhaban ya ramadhan artinya yang sangat indah. 


(DNR)


#Ramadan #Puasa #ArtiMarhabanYaRamadan


Powered by Blogger.