Ini 4 Keutamaan Doa Malam Nisfu Syaban

Dirgantaraonline.co.id,- Syaban terjadi pada pertengahan bulan Syaban yaitu tanggal 15 Syaban atau pada 18 Maret. Tentu Nisfu Syaban memiliki sejumlah keutamaan yang istimewa, lalu apa saja keutamaan Nisfu Syaban ?


Malam Nisfu Syaban juga merupakan malam yang dimuliakan Allah setelah malam Lailatul Qadar. Ada beberapa keutamaan Nisfu Syaban yang perlu diketahui umat Islam.

Saat terjadinya Nisfu Syaban Allah SWT akan memberikan pengampunan kepada hamba-Nya. Pada saat Nisfu Syaban, dua malaikat pencatat amal sehari-hari manusia yakni Raqib dan Atid, akan memberikan catatan amal kita kepada Allah SWT. Oleh karena itu, hendaknya kita selalu menjalankan kebaikan saat Nisfu Syaban tiba. 

Nisfu Syaban tentunya memiliki sejumlah keutamaan untuk umat Islam. Lantas apa saja keutamaan Nisfu Syaban itu? Simak ulasannya berikut ini. 

4 Keutamaan Nisfu Syaban 

1. Dikabulkannya Segala Permintaan 

Pada saat Nisfu Syaban tiba, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak membaca doa kepada Allah. Karena pada saat itu, Allah akan mendengar dan ada beberapa doa yang akan dikabulkan langsung oleh Allah. 

2. Allah Akan Mengampuni Dosa Hamba-Nya 

Malam Nisfu Syaban menjadi maghfirah atau malam pengampunan bagi umat manusia oleh Allah. Ampunan akan diberikan terutama bagi hamba-Nya yang beriman dan beramal saleh. Oleh karena itu, saat Nisfu Syaban dianjurkan untuk bertaubat dan memohon ampun kepada Allah. Namun Allah tidak akan mengampuni siapapun yang menyekutukan-Nya. 

3. Malam Istimewa

Keutamaan Nisfu Syaban selanjutnya yaitu dikhususkannya malam tersebut menjadi malam istimewa. Sehingga manusia, dianjurkan untuk giat beribadah pada saat malam itu tiba. Karena Allah akan memberikan keberkahan dan kemuliaan kepada umat-Nya. 

4. Diberi Syafaat 

Allah SWT memuliakam hamba-Nya yang gemar mengikuti amalan Rasulullah. Sehingga setiap perbuatan Rasul yang ditiru umat islam akan memberikannya pahala dan kemuliaan.

Beberapa amalan yang dilakukan Rasulullah saat malam Nisfu Syaban tiba yaitu shalat sunah, membaca doa Syaban, puasa sunah Syaban, membaca dzikir, memperbanyak membaca istighfar dan lain sebagainya. 

Adapun Doa Nisfu Syaban

Dikutip dari NU Online terdapat doa saat malam Nisfu Syaban yang dapat dipanjatkan. Berikut ini bacaan latin doa Nisfu Syaban dan artinya: 

Allahumma ya dzal manni wa laa yumannu ‘alaik, ya dzal jalâli wal ikram, ya dzat thawli wal in‘am, la ilaha illa anta zhahral lajiin wa jaral mustajirin wa ma’manal kha’ifin. Allahumma in kunta katabtani ‘indaka fii ummil kitabi syaqiyyan aw mahruman aw muqtarran ‘alayya fir rizqi, famhullahumma fii ummil kitabi syaqawati wa hirmani waqtitara rizqi, waktubni ‘indaka sa‘iidan marzuqan muwaffaqan lil khairat. Fa innaka qulta waa qawlukal haqqu fii kitabikal munzal ‘ala lisani nabiyyikal mursal, “yamhullahu maa yasya’u wa yutsbitu, wa ‘indahû ummul kitab” wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammad wa alaa alihi wa shahbihii wa sallama, walhamdu lillahii rabbil ‘alamin.

Artinya, “Wahai Tuhanku yang maha pemberi, engkau sendiri tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala kenikmatan. Tiada tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan Mu, dan tempat aman orang-orang yang takut. 

Tuhanku, jika Kau mencatatku di sisi-Mu pada Lauh Mahfuzh sebagai orang celaka, sial, atau orang yang sempit rezeki, maka hapuskanlahkecelakaan, kesialan, dan kesempitan rezekiku. Catatlah aku di sisi-Mu sebagai orang yang mujur, murah rezeki, dan taufiq untuk berbuat kebaikan. karena Engkau telah berkata sementara perkataan Mu itu adalah benar ada di kitabmu yang diturunkan melalui ucapan Rasul utusan-Mu, ‘Allah menghapus dan menetapkan apa yang Ia kehendaki. Di sisi-Nya Lauh Mahfuzh.’ Semoga Allah memberikan syafaat dan shalawat kepada Sayyidina Muhammad SAW dan keluarga beserta para sahabatnya. Segala puji bagi Allah SWT.” 

Itulah tadi 4 keutamaan Nisfu Syaban dan doa yang dapat dipanjatkan. Semoga menambah keimanan dan ketaqwaan kita. 

(*)

#DoaNisfuSyaban #NisfuSyaban

Powered by Blogger.