Polisi Ungkap Kondisi Pemotor ABG Nyasar hingga Ditabrak Mobil di Tol Japek

D'On, Jakarta,- Seorang pengendara motor remaja perempuan berinisial KS (16) sempat masuk ke ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) hingga ditabrak mobil di lokasi. Polisi menyebut KS sempat tidak sadarkan diri usai ditabrak mobil yang dikemudikan pria berinisial AS (47).


"Waktu jatuh itu dagu membentur aspal jadi sempat tidak sadar sementara karena benturan dagu sama aspal itu," kata Kanit Laka Lantas Polres Metro Jakarta Timur Iptu Seno Wibowo saat dihubungi, Jumat (18/2/2022).

KS lalu dibawa ke rumah sakit terdekat. Beruntung, tidak ada luka parah yang dideritanya.

"Itu terakhir setelah diobservasi lukanya lecet di tangan sama dagu sobek," ungkap Seno.
Kondisi KS pun berangsur membaik. Seno menyebut remaja perempuan itu telah pulang dari rumah sakit dan menjalani perawatan di rumah sejak Kamis (17/2) sore.

Meski begitu, polisi tetap memberikan penindakan atas aksi KS yang mengendarai sepeda motornya masuk ke ruas Tol Japek. Dia dikenai sanksi tilang.

Selain itu, polisi masih menyelidiki kasus tabrakan yang dilakukan pemobil AS kepada KS. Pemobil AS hari ini dimintai keterangan oleh polisi.

Namun, Seno mengatakan secara aturan pemobil AS tidak bisa dijerat pelanggaran lalu lintas. Pasalnya, posisi KS sebagai korban telah melakukan pelanggaran lalu lintas terlebih dahulu hingga menyebabkan kecelakaan itu terjadi.

"Jadi untuk pengendara mobil tidak bisa dikenakan sanksi karena yang melanggar dalam posisi lemah si pengendara sepeda motor," terang Seno.

Dia menyebut posisi mobil yang dikemudikan oleh AS telah berada di jalur yang tepat. Di sisi lain, sejumlah pelanggaran pun telah dilakukan oleh pemotor KS atas aksinya yang melintas di ruas jalan Tol Japek.

"Sopirnya itu memang sudah di jalur yang benar di jalur tol. Kalau dilihat pelanggarannya banyak kesalahan (pemotor). SIM belum punya, dia masuk tol," terang Seno.

Kronologi

Aksi KS yang melintas dan melawan arah hingga tertabrak mobil di ruas Tol Japek terjadi pada Kamis (17/2) pagi. Polisi mengungkap KS masuk ke ruas tol tersebut melalui pintu Tol Halim.

Kepada polisi, KS mengaku tidak tahu jalan. Sehari-hari remaja itu pun diantar ayahnya untuk bepergian.

"Kan gini, tiap pagi dia diantar bapaknya naik mobil tiap hari. Nah kadang-kadang juga Grab mobil. Ini dia nggak ngerti tahu-tahu lewat tol situ," kata Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Timur AKBP Edy Surasa saat dihubungi, Kamis (17/2).

(ygs/isa)

#japek #pemotormasukTOL #tabrakan #peristiwa #lakalantas

Powered by Blogger.