Liverpool Juara Carabao Cup Melalui Drama 11 Tendangan Penalti dengan Chelsea

D'On, London (Inggris),- Liverpool menjuarai Carabao Cup 2021/2022 setelah menaklukkan Chelsea lewat adu penalti dengan skor 11-10 dalam laga final Liga Inggris di Wembley Stadium pada Senin dini hari WIB, 28 Februari 2022.


Penyelesaian adu penalti diambil setelah kedua tim bermain imbang tanpa gol selama 90 menit penuh. Pada babak perpanjangan waktu 2X15 menit, kedua tim juga gagal membuat gol.

Empat gol dalam pertandingan ini dianulir wasit setelah melihat VAR. Keempat gol tersebut, tiga untuk Chelsea dan satu gol dianulir dari Liverpool.

Pada menit keenam, Chelsea mendapat peluang pertama lewat serangan balik saat Cesar Azpilicueta memberi umpan tarik yang disambut Christian Pulisic. Sayang, bola mengarah tepat ke pelukan Caoimhin Kelleher.

Liverpool coba keluar dari tekanan Chelsea. Peluang pertama mereka dapatkan pada menit ke-17 saat umpan silang Trent Alexander-Arnold disundul Sadio Mane di kotak penalti, tetapi bola masih melebar.

Setelah 25 menit, Liverpool mendominasi serangan. Namun, masih kesulitan menciptakan peluang. Bahkan di menit ke-30, Mane membuang peluang setelah sontekannya terlalu pelan sehingga bisa ditepis Edouard Mendy.

Kedua tim saling bertukar serangan di sisa babak pertama, namun skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Chelsea langsung tancap gas selepas jeda. Pada menit ke-49, The Blues mengancam lewat Mount yang berada bebas di kotak penalti seusai lolos dari jebakan offside.

Tinggal berhadapan dengan Kelleher, sepakan gelandang Inggris itu justru mengirim bola ke tiang dalam dan gagal berbuah gol.

Liverpool mampu mengancam pada menit ke-64. Diawali kesalahan operan Mendy yang jatuh ke kaki pemain Liverpool dan diteruskan dengan umpan terobosan ke sisi kiri.

Muhammad Salah menyambut umpan, sebelum Thiago Silva dengan cepat menyapu bola mencegahnya melewati garis gawang.

Tiga menit kemudian, Liverpool mencetak gol lewat Joel Matip meneruskan situasi sepakan bebas Alexander-Arnold.  Sayangnya gol itu lantas dianulir VAR karena Virgil van Dijk dianggap melanggar Reece James dalam prosesnya.

Chelsea beberapa kali mengancam Liverpool, tetapi Mendy tampil cemerlang dalam melakukan penyelamatan. Skor 0-0 bertahan hingga waktu normal berakhir, sehingga laga harus dilanjutkan ke babak tambahan.

Chelsea mencetak gol di babak tambahan waktu pertama, tepatnya pada menit ke-97 lewat Lukaku. Namun, gol juga dianulir VAR, karena sang penyerang berada posisi offside saat menerima umpan terobosan Trevoh Chalobah.

Tak ada peluang berbahaya dari kedua tim sepanjang 15 menit pertama dan skor pun tetap kacamata.

Chelsea mencetak gol lagi di babak kedua perpanjangan waktu lewat Havertz dari sisi kiri. Namun, VAR lagi-lagi menganulir gol karena sang pemain sudah terjebak offside

Chelsea berupaya mencari gol, tetapi pertahanan Liverpool sulit ditembus. Thomas Tuchel memasukkan Kepa Arrizabalaga menggantikan Edouard Mendy saat laga terlihat akan berlanjut ke adu penalti.

Seluruh penendang dari Liverpool dan Chelsea sukses hingga masing-masing kiper harus mengambil tendangan ke-11.

Kelleher mampu menunaikan tugas sebelum tendangan Kepa melambung sehingga memberikan kemenangan 11-10 untuk Liverpool.

***

#CarabaoCup #Liverpool #Chelsea

Powered by Blogger.