Sempat Terlibat Bentrok, Dua Suku di Jayapura Akhirnya Kini Saling Berdamai

D'On, Jayawijaya (Papua),- Bentrok dua suku di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua berakhir damai. Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan perdamaian dua kubu difasilitasi forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) setempat.


Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Nduga dan Kabupaten Lanny Jaya dan juga TNI Polri diawali pertemuan di Gedung Otonom Wenehule Huby, Distrik Wamena, Kabupaten Jayawijaya beberapa waktu lalu

"Forkopimda Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Nduga dan Kabupaten Lanny Jaya telah melakukan pertemuan dengan pihak keluarga korban di rumah duka Kampung Elekma Distrik Napua, Kabupaten Jayawijaya," kata Ahmad Musthofa Kamal, Kamis (13/01).

Kedua belah pihak yang bertikai sepak untuk berdamai dan akan dilakukan upacara perdamaian di Lapangan Sinapuk, Wamena.

Sebelumnya, bentrok antarsuku yang melibatkan warga di Kabupaten Nduga dan Lanny Jaya pecah, Minggu (9/1) sekira pukul 14.55 WIT. Pemicunya terkait meninggalnya salah satu warga nduga pada Sabtu kemarin.

"Meninggalnya Sibelo Gwijangge membuat keluarganya tidak menerima dan melakukan aksi balasan terhadap pihak pelaku dari masyarakat Lanny Jaya, yang bermukim di Kampung Wesakma Distrik Wouma," tutur Ahmad Musthofa Kamal.

Alhasil perang antarsuku itu menyebabkan satu warga meninggal dunia, 21 orang mengalami luka-luka dan 40 honai terbakar.

(mdk/cob)

Powered by Blogger.