Ini Skenario Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF

D'On, Singapura,- Hasil imbang yang diraih Timnas Indonesia saat jumpa Vietnam di Bishan Stadium dalam lanjutan penyisihan Grup B Piala AFF 2020, Rabu (15/12/2021), membuat persaingan menjadi semakin menarik. Tiket ke semifinal dari Grup B belum diraih oleh siapa pun, dan persaingan masih melibatkan Indonesia, Vietnam, serta Malaysia.

Menariknya, Indonesia dan Malaysia harus beradu kuat di partai pamungkas Grup B. Keduanya harus saling sikut demi mendapatkan satu tiket menuju semifinal.

"Indonesia akan memiliki keunggulan dalam selisih gol. Cuma itu perbedaan mereka dengan Vietnam. Malaysia dan Indonesia masih harus bersaing. Semua peluang masih bisa terjadi," kata pelatih Vietnam, Park Hang Seo, dalam konferensi pers pasca laga.

Lantas, bagaimana sebenarnya skenario Indonesia agar bisa lolos ke semifinal? Berikut kami sajikan buat kamu.


1. Satu poin cukup

Indonesia memang punya tugas yang lebih berat ketimbang Vietnam. Saat Vietnam hanya harus menghadapi Kamboja, Indonesia justru berhadapan dengan Malaysia, Minggu (19/12/2021) mendatang.

Menghadapi Malaysia, Indonesia tak boleh kalah jika ingin lolos. Setidaknya, Pasukan Garuda meraih hasil imbang. Dengan tambahan satu poin saja, Indonesia sudah bisa lolos.

2. Wajib menang kalau mau jadi juara grup

Jika mau lolos jadi juara grup, Indonesia sudah seharusnya menang. Namun, itu juga bergantung pada hasil yang diraih Vietnam saat jumpa Kamboja.

Kalau The Golden Star Warriors bisa menang besar, bukan tak mungkin selisih golnya jadi lebih unggul ketimbang Indonesia.

Tapi, juara grup belum tentu juga dapat lawan yang enteng. Sebab, di Grup A, Thailand dan Singapura masih bersaing ketat menyabet status juara.

3. Kalah dari Malaysia jadi petaka

Bagaimana jika Indonesia kalah? Dengan skenario itu, Indonesia bisa saja tersingkir. Sebab, perolehan poin Indonesia akan disalip Malaysia.

Bisa saja Indonesia lolos. Tapi, itu harus mengharapkan Kamboja menang atas Vietnam. Rasanya, jika dihitung dari kekuatan skuad Kamboja, sulit juga menang atas Vietnam.

Jadi, pada intinya Indonesia tak boleh kalah saat jumpa Malaysia di partai pamungkas penyisihan Grup B.


(Alang)

Powered by Blogger.