Brace Chanatip Bawa Gajah Putih Kandaskan Perlawanan Golden Warriors

D'On, Singapura,- Thailand berpeluang besar melaju ke final Piala AFF 2020. Pasalnya, Negeri Gajah Putih menang telak saat melawan Vietnam pada leg 1 babak semifinal. 


Thailand nampaknya masih terlalu tangguh bagi Vietnam saat bentrok di National Stadium, Singapura, Kamis (23/12/2021) malam WIB. Mereka bisa memetik kemenangan 2-0, dimana seluruh gol tercipta di babak pertama.

Dengan hasil ini, Thailand berada di atas angin. Sebab, mereka akan tetap lolos ke partai puncak sekalipun kalah 0-1 dari Vietnam pada leg 2 di tempat yang sama, Minggu (26/12/2021).

Di awal babak pertama, kedua tim mencoba untuk menampilkan tempo permainan yang cepat. Aksi saling serang terjadi. Namun, Thailand mampu menunjukan dominasi yang sedikit lebih baik ketimbang Vietnam.

Pada menit ke-15, Thailand mampu unggul 1-0 setelah berhasil melakukan serangan balik dengan baik. Chanathip Songkrasin membuat lini belakang Vietnam tak berkutik sehingga berhasil mencetak gol pertama.

Thailand terus tampil menekan. Di menit ke-23, Chanathip kembali mencetak gol kedua setelah mendapat umpan dari Sarach Yooyen. Skor sementara pun menjadi 2-0 untuk keunggulan Thailand.

Vietnam terus mencoba untuk mengembangkan permainannya setelah tertinggal. Namun Thaliand mampu menunjukan pertahanan yang solid sehingga Vietnam kesulitan untuk memperkecil ketertinggalan.

Namun hingga babak pertama berkahir, Thailand dan Vietnam tidak mampu mencetak gol tambahan lagi. Thailand pun mampu unggul atas Vietnam dengan skor 2-0 di babak pertama.

Di babak kedua, Vietnam semakin tampil berhati-hati dan sedikit menurunkan tempo permainan. Namun, Thailand mampu menguasai bola dengan lebih baik sehingga kerap kembali mengancam gawang Vietnam.

Pertandingan kembali berjalan dengan sengit sejak menit ke-55 setelah Vietnam mencoba tampil lebih agresif. Namun peluang-peluang yang didapatkan masih tidak mampu dimaksimalkan dengan baik.
Vietnam mampu menciptakan peluang emas pada menit ke-67 setelah Nguyen Quang Hai mampu melakukan tembakan keras. Sayangnya bola masih membentur mistar gawang.

Pada menit ke-84, Thailand mendapat hadiah penalti setelah lini belakang Vietnam melakukan pelanggaran. Namun, Chanatip yang menjadi algojo gagal melakukan tugasnya sehingga skor masih bertahan 2-0.

Hingga akhir pertandingan, tidak ada gol yang dapat tercipta di babak kedua. Thailand berhasil meraih kemenangan di leg 1 semifinal kontra Vietnam dengan dua gol tanpa balas.

Susunan pemain

Vietnam (3-4-2-1): Tran Nguyen Manh; Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, Nyuyen Thanh Chung; Nguyen Phong Hong Duy, Nguyen Tuan Anh, Nguyen Hoang Duc, Vu Van Thanh; Nguyen Cong Phuong, Nguyen Quang Hai; Nguyen Van Toan.

Pelatih: Park Hang-seo.

Thailand (4-3-1-2): Chatchai Bootprom; Theerathon Bunmathan, Kritsada Kaman, Manuel Tom Bihr, Narubadin Weerawatnodom; Sarach Yooyen, Phitiwat Sukjitthammakul, Thanawat Suengchitthawon; Chanathip Songkrasin; Supachok Sarachat, Teerasil Dangda.

Pelatih: Alexandre Polking.

(*)

Powered by Blogger.