Kumham Sumbar Gelar Legal Expo Kalapas Padang: Ini Kesempatan Perkenalkan Karya WBP pada Masyarakat

D'On, Padang (Sumbar),- Dalam rangka Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) 2021, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang hadir dalam Legal Expo yang dilaksanakan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumatera Barat pada Senin (25/10/2021). 


Bertempat di Aula Pengayoman Kanwil Kemenkumham Sumbar, berdasarkan Surat Kepala Kantor Wilayah tanggal 22 Oktober 2021 Nomor: W3.UM.01.01 -654 perihal Pembukaan Legal Expo Dalam Rangka HDKD 2021, Kepala Lapas Kelas IIA Padang Era Wiharto ikuti Acara Pembukaan Legal Expo secara virtual melalui Zoom Meeting. Turut hadir dalam kegiatan ini Kakanwil Kumham Sumbar, R.Andika Dwi Prasetya, para Kepala Divisi Kumham Sumbar, Pejabat Administrator, dan seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (Ka.UPT) dilingkungan Kanwil Kemenkumham Sumbar. 

Dalam sambutannya Kakanwil R.Andika menyampaikan kegiatan Legal Expo yang dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 25 -26 Oktober 2021 ini merupakan bukti keseriusan Kemenkumham Sumbar dalam berikan pelayanan prima bagi masyarakat. "Dalam kegiatan ini kita menghadirkan seluruh tugas dan fungsi yang ada di Kanwil Kemenkumham Sumbar mulai dari pelayanan hukum dan HAM, Imigrasi dan Pemasyarakatan. Didasarkan pada kebutuhan masyarakat kita membuka pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Hukum dan HAM gratis, Pengurusan Paspor Simpatik, Pengurusan SIM, Pendaftaran Perseroan Perseorangan, Pendaftaran Hak Cipta, Paten dan Merek dan Pelayanan Kenotariatan," jelas Kakanwil. 

Selain itu, terangnya lebih lanjut, juga dihadirkan Pameran dan Penjualan Produk Hasil Karya Warga Binaan (makanan & craft), Hiburan dan Games (Penampilan Spesial Kreatifitas Kesenian WBP Sumbar), dan Bantuan Sosial berupa paket sembako dan kit new normal dengan menunjukkan kupon. Kegiatan ini terbuka untuk umum. Jadi, bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, silahkan mengunjungi stand pelayanan yang ada. 

Sebagai salah satu UPT Pas yang terus menggiatkan berbagai kegiatan pembinaan bagi WBP, Lapas Kelas IIA Padang turut menghadirkan Kemandirian Produktif dari Seksi Kegiatan Kerja Lapas Kelas IIA Padang. "Hari ini kita menghadirkan berbagai produk hasil karya warga binaan pada kegiatan kemandirian produktif di Lapas Kelas IIA Padang seperti Acadas Bakery, anyaman lidi sawit, sandal hotel dan berbagai hiasan guci terbuat dari kertas," ungkap Kalapas Padang Era Wiharto. 

Kalapas juga menyampaikan Legal Expo ini merupakan kesempatan untuk memperkenalkan produk hasil karya WBP ke masyarakat luar. "Semoga dengan adanya kegiatan Legal Expo ini selain memberi kemudahan layanan publik seperti pengurusan paspor, SIM, konsultasi hukum dan lain sebagainya sesuai tusi yang ada di Kanwil Kumham Sumbar, kegiatan ini diharapkan juga merubah stigma yang masih beredar di luar sana bahwa WBP di lapas khususnya di Lapas Kelas IIA Padang tidak bermalas-malasan tanpa melakukan sesuatu tetapi mereka menghasilkan sesuatu," jelas Kalapas Era Wiharto. 

(Rel/Ism)

Powered by Blogger.