Bacaan Doa Rabiul Akhir Lengkap untuk Diamalkan Umat Muslim

Dirgantaraonline.co.id,- Dalam sejarah perkembangan Islam, ada beberapa peristiwa penting yang terjadi di bulan Rabiul Akhir. Salah satu peristiwa penting itu adalah Rasulullah SAW mengutus Khalid bin Walid menuju kabilah Bani Harits bin Ka’ab yang tinggal di Najran untuk menyerukan mereka agar masuk Islam. Seperti dikutip dari buku Sejarah Lengkap Rasulullah Jilid 2, Ali Muhammad Ash-Shallabi (2012: 587) peristiwa itu terjadi pada bulan Rabiul Akhir tahun 10 Hijriyah


Pada bulan Rabiul Akhir, umat Islam memenangkan beberapa perang atas kaum kafir seperti Perang Najran, Perang Al Ghamar, Perang Ghabah dan lain-lain. Selain itu, pada bulan Rabiul Akhir merupakan bulan di mana pembukaan Damsyik yang dulunya dihuni oleh orang-orang yang membangkang terhadap ajaran Islam. Bulan Rabiul Akhir juga merupakan bulan diangkatnya Khalifah umar bin Khattab sebagai pengganti Abu Bakar yang wafat.

Bacaan Doa Rabiul Akhir

Memasuki bulan Rabiul Akhir, umat Islam melalui beberapa hadis dari Rasulullah SAW dianjurkan untuk membaca doa agar mendaptkan berkah dan rahmat dari Allah SWT di bulan Rabiul Akhir.

Berikut adalah bacaan doa Rabiul Akhir yang bisa diamalkan oleh umat Islam:


اَللّٰهُ اَكْبَرُ اللٌٰهُمَّ اَهِلِّهُ عَلَيْنَا بِالْاَمْنِ وَ الْاِيْمَانِ وَ السَّلَامِ وَ الْاِسْلَامِ وَ التَّوْفِيْقِ لِمَا تُحِبُّ وَ تَرْضَى رَبِّيْ وَ رَبُّكََ اللّٰهُ

Artinya: “Allah Maha Besar. Ya Allah, jadikanlah ini bulan 'membawa' keamanan, keimanan, keselamatan, keislaman, kemampuan untuk mengamalkan apa yang Kau suka dan restui. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.”

Dalam doa tersebut kita memohon kepada Allah SWT agar diberikan keamanan, keimanan, keselamatan, dan keislaman dari Allah SWT karena hal-hal tersebut merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh umat Islam sebagai salah satu bekal nantinya untuk di akhirat. Selain itu dalam doa tersebut juga terkandung permohonan agar diberikan kemampuan mengamalkan amalan-amalan yang disukai oleh Allah SWT.

Demikian bacaan doa Rabiul Akhir yang bisa diamalkan oleh umat muslim.

(Abu Khalil)


Powered by Blogger.