Audiensi dengan Kabalai Pengembangan PAUD, Ini yang Disampaikan Dewi Sutan Riska

D'On, Dharmasraya (Sumbar),- Bunda Paud Kabupaten Dharmasraya Dewi Sutan Riska Tuanku Kerajaan, menerima kunjungan Kepala Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Dikmas (BP PAUD dan Dikmas) Provinsi Sumatera Barat Dr. Wisman Endrimon, M. Pd beserta rombongan di rumah dinas Bupati Kabupaten Dharmasraya pada Kamis (30/9/2021) siang tadi.


Ini merupakan agenda audiensi terkait kegiatan PAUD di kabupaten termuda di Sumatera Barat.

Dalam penyampaiannya Endrimon, mengatakan bagaimana PAUD bisa membantu tumbuh kembang kecerdasan anak sebelum menginjak sekolah dasar. 

Endrimon juga menyarankan agar lembaga PAUD lebih reaktif lagi menarik orang tua anak untuk menitipkan anak-anak mereka sebelum menginjak Sekolah Dasar. Tujuan dari itu semua agar generasi ini siap menempuh pendidikan formal dan terciptanya generasi yang berkualitas dan berdaya saing dalam pendidikan.

"Pada dasarnya anak-anak ini diberikan edukasi di PAUD namun tidak dipaksakan, pendidikan di PAUD harus bersifat ceria dan membangkitkan mood anak-anak dalam mencerna pelajaran layaknya di Jepang yang memberikan edukasi dengan gembira agar tercipta suasana yang nyaman bagi anak dalam proses penyerapan ilmu," tutur Endrimon.


Dalam pembinaan anak usia dini ini haruslah sesuai dengan standar yang ada sehingga jika anak-anak ini menaiki jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi tidak akan menjadi permasalah dalam penyerapan mata pelajaran, kecuali terkendala dari seleksi usia dan tempat tinggal karena saat masuak sekolah menerapkan pola zonasi, tukuknya.

Selain itu Dinas Pendidikan harus mempunyai buletin ataupun jurnal ulasnya.

Dalam kesempatan audiensi ini, bunda PAUD Dewi Sutan Riska yang didampingi kepala Dinas Pendidikan Marius, S.Pd. MM, Kabid Paud-PNF Zulfahmi,  S. Pd,  Kasi Peserta Didik Mahdalena,  S. Pd dan Kasi Kurikulum Nani R,  S. Pd, begitu antusias dalam sesi tanya jawab dengan Kepala Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas. Tak terasa waktu dua jam ini terasa tidak cukup karena begitu antusiasnya para peserta audiensi.

Dalam sesi tersebut Dewi menanyakan bagaimana upaya lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidik PAUD, dan dijawab Endrimon, bahwa terkait kesejahteraan tenaga pendidik katakanlah semacam insentif bisa di alokasikan melalui dana yang ada dinagari nagari, tentunya ini harus ada regulasi yang jelas tentang itu, misalnya di buatkan surat keputusan Bupati terkait itu. 

Disampaikan Endrimon demi megurangi biaya tambahan lainnya sebaiknya di PAUD tidak perlu lagi banyak membuat seragam, cukup satu saja, lainnya cukup pakai baju biasa saja sehingga ini akan meringankan orang tua dari segi pembiayaan pungkasnya.

Dikesempatan yang sama Kepala Dinas Pendidikan Marius mengucapkan terimakasih atas informasi yang disampaikan oleh kepala Pengembangan PAUD dan Dikmas Provinsi Sumatera Barat. 

Marius berpesan kepada jajarannya agar lebih intens lagi melakukan peninjauan langsung terhadap lembaga-lembaga PAUD agar Diknas mampu mengakomodir setiap problematika yang terjadi dilapangan, pungkasnya.


(PapaJuan)

Powered by Blogger.