Ketua DPD LPM Kota Padang Laksanakan Aksi Sosial Donor Darah untuk Kemanusiaan

D'On, Padang (Sumbar),- Ketua DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM didampingi Wakil Sekretaris I Martias Sanjany, SE dan Kadril Rajo Darek menggelar aksi kemanusiaan berupa kegiatan bantuan sosial donor darah (PMI Kota Padang) ini berkat kerja sama DPD LPM Kota Padang.

Pantauan awak media di lapangan bakti sosial ini berkat kerja sama DPD LPM Kota Padang turut hadiri Sekretaris Lurah Ķampung Jawo Bapak Tedi serta ketua RW. 06 ketua RT serta tokoh nasyarakat lainnya. Bertempat di Kampung Jawa Dalam, RT.05/RW.06 , Kelurahan Kampung Jawo, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Minggu (05/09/2021) Malam.

Dalam sambutannya, Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam menyampaikan kegiatan peringatan 1 Muharram dan HUT Ke-76 RI sendiri merupakan visualisasi dari tema Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh di Kampung Jawa Dalam, RT. 05/RW.06, Kelurahan Kampung Jawo, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Minggu (05/09/2021) malam.


"Saya betul-betul sangat memberi apresiasi dan memuji kegiatan yang dilakukan oleh pemuda-pemudi Kampung Jawo Dalam ini. Ini adalah kegiatan yang sangat bermanfaat yang dilaksanakan dalam memaknai peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H dan Peringatan Hari Kemedekaan RI ke-76 tahun, ujarnya.

Orang nomor satu di DPD LPM Kota Padang, Irwan Basir mengatakan, aksi kemanusiaan donor darah adalah suatu kegiatan yang sangat bermanfaat membantu sesama. Apalagi dalam suasana pandemi covid ini. Dengan adanya pasokan darah dari pendonor, PMI Kota Padang tentu merasa sangat terbantu dalam menyediakan darah yang sangat dibutuhkan oleh pasien di rumah sakit.

Sebagai Ketua DPD LPM Kota Padang, saya mengucapkan terima kasih kepada Ketua Pemuda dan pemudi Kampung Jawo Dalam dan juga tokoh masyarakat di sini yang telah melaksanakan berbagai kegiatan positif dan bermanfaat seperti kegiatan lomba MTQ se-kampung Jawo yang sudah dilaksankan beberapa waktu lalu. Ini merupakan rangkaian dari kegiatan kemanusiaan donor darah ini. Aplus untuk pemuda-pemudi RW.06 Kampung Jawo beserta masyarakatnya, ujarnya.

Selain itu, Irwan Basir tidak saja hanya memuji tapi juga memberikan suport dengan membantu acara ini berupa uang tunai yang diterima oleh Ketua  Pemuda Kampung Jao Husni Thamrin.

Dalam aksi kemanusiaan ini, Ketua DPD LPM Kota Padang  ini juga menyumbangkan darahnya dengan ikut sebagai peserta donor bersama Sekretaris Lurah Kampung Jawo Bapak Tedi serta Humas DPD LPM Dedi Prima yang  juga ikut sebagai peserta donor.

Ketua RW.06 Ir. Yulnasri, MM mengatakan, di wilayahnya RW.06 rutin melakukan donor darah. Pernyataan itu ia sampaikan dalam rangka peringatan tahun baru islam 1 Muharram 1443 H dan peringatan hari kemedekaan RI ke-76 tahun mengajak warga di wilayah Padang Barat untuk donor darah dalam memenuhi kebutuhan darah di Kota Padang.

Yulnasri menjelaskan bahwa donor darah membawa dampak yang baik terhadap sesama, terutama bagi pasien yang benar-benar membutuhkan transfusi darah.

"Banyak sekali orang yang menunggu uluran tangan kita, seperti Thalasemia, kanker, orang yang sedang cuci darah dan penyakit yang membutuhkan transfusi darah," ujar Yulnasri.

Selain itu, Yulnasri juga menyampaikan donor darah memberikan dampak kesehatan yang baik bagi tubuh. Diapun berharap ke depan donor darah dapat menjadi bagian dari gaya hidup.

"Karena dengan mendonor darah, tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Saya ucapkan terima kasih kepada pendonor yang telah rutin mendonorkan darah dan menjadikan gaya hidup sehat," kata Yulnasri.

dr. Revida Ulfa menyampaikan kami dari PMI Kota Padang saat ini permintaan darah di berbagai rumah sakit baik milik pemerintah maupun swasta cukup tinggi sedangkan stok darah yang ada sangat terbatas, terlebih kebutuhan donor plasma konvalesen yang dibutuhkan untuk terapi tambahan penyembuhan pasien Covid-19.

Ia juga mengapresiasi kinerja DPD LPM Kota Padang dan para penggiat kemanusiaan dalam membantu masyarakat di Kota Padang terkait urusan ketersediaan darah. Semoga dengan saling membantu, banyak masyarakat yang terselamatkan.

Lanjut dr. Revida Ulfa dalam kegiatan Donor Darah ini kami tetap menjalankan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan pengecekan suhu bagi para pendonor yang ingin mendonorkan darahnya, ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pemuda Kampung Jawo Dalam, Husni Thamrin mengucapkan terima kasih sekali atas kehadiran Ketua DPD LPM Kota Padang ini. Bagi masyarakat Kampung Jawo Dalam, Bapak Irwan Basir sudah sangat dikenal dan selalu hadir dalam kegiatan masyarakat seperti saat penutupan MTQ Mayarakat Kampung Jawo Dalam kemaren, yang juga dihadiri dan membantu acara tersebut.

"Atas nama Pemuda RW.06 Kampung Jawo saya mengucapkan terima kasih sekali atas segala bantuan yang beliau berikan. Baik bantuan moril atau materil. Mudah-mudahan menjadi amal ibadah bagi Bapak Irwan  Basir", pungkasnya ketua pemuda kampung Jawo ini. 

(Dp/MS)

Powered by Blogger.