5 Langkah Mudah Mengatasi Overthinking yang Mengganggu

Dirgantaraonline.co.id,- Overthinking merupakan kondisi yang kerap dialami seseorang tanpa disadari, terutama di masa-masa pandemi seperti ini. Kecemasan atau rasa panik yang berlebihan merupakan salah satu kondisi yang kerap terjadi.

Alih-alih melakukan aktifitas dengan maksimal, saat overthinking kamu bahkan beresiko mengambil keputusan yang tidak tepat. Meski tidak terlihat berbahaya atau terkesan biasa saja, overthinking justru bisa saja membuat produktivitas kamu menurun di tempat kerja. Atasi kondisi yang merugikan ini dengan cara yang tepat dan mulailah berpikir positif sejak sekarang. 

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi overthinking yang mengganggu: 


1. Rehat sejenak dari aktivitas yang sedang dikerjakan

Overthinking bisa terjadi kapan saja, bahkan di waktu-waktu kamu sedang sibuk sekalipun. Kepanikan seperti ini tentu saja tidak akan bisa membuat kamu leluasa untuk beraktifitas, apalagi ketika harus mengambil keputusan-keputusan yang penting di dalam pekerjaan. 

Saat kamu mulai panik dan tak lagi bisa berpikir dengan tenang, segera hentikan semua aktivitas yang sedang kamu lakukan. Ambillah jeda dan rehatlah selama beberapa waktu dari aktifitas yang sedang kamu kerjakan tersebut. Jangan pikirkan apapun, terutama hal-hal yang membuatmu cemas saat itu. 

Kamu perlu duduk dengan tenang dan membuat tubuh rileks, agar kamu bisa merasa nyaman dan mengurangi kecemasan yang berlebihan tersebut.

2. Rileks dan minum air mineral yang cukup 

Kecemasan juga bisa timbul karena kurangnya asupan air mineral ke dalam tubuh. Seringkali kita lupa untuk mengonsumsi cukup air mineral, terutama di saat-saat pekerjaan sedang sangat padat. Kondisi ini akan membuat tubuh terasa lebih panas dan mudah lelah. 

Bukan hanya itu saja, pikiran kamu juga bisa terasa buntu, bahkan di saat-saat yang penting sekalipun. Alih-alih berkonsentrasi, yang ada kamu malah akan overthinking dan mulai sulit untuk mendapatkan ketenangan bekerja. 

Cobalah untuk minum air mineral dalam jumlah yang cukup, agar tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Hal ini akan memicu kamu menjadi lebih tenang, sebab suhu tubuh sudah mulai turun dan normal kembali. 

Kamu akan bisa berpikir dengan lebih santai dan lebih siap untuk kembali beraktifitas. Saat dalam kondisi seperti ini, kepanikan tentu akan berangsur-angsur hilang. 

3. Cobalah mengatur nafas dengan tenang

Saat panik kamu akan cenderung tidak tenang dan mulai sulit untuk berkonsentrasi. Atasi kondisi ini dengan mengatur nafas mu terlebih dahulu. Tarik nafas yang panjang melalui hidung dan keluarkan secara perlahan melalui mulutmu. 

Lakukan hal ini beberapa kali, sehingga kamu bisa membuat tubuhmu lebih santai. Jika perlu, berjalan-jalanlah sejenak di luar ruangan dan nikmati alam terbuka, agar kamu lebih nyaman. Menghirup udara segar di area terbuka seperti ini, bisa membuatmu lebih tenang dan kembali fresh untuk melanjutkan aktifitas. 

4. Lakukan olahraga ringan yang bisa membuatmu santai

Olahraga tidak hanya membuat tubuhmu menjadi lebih rileks, namun pikiranmu juga. Aktivitas fisik memang akan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar dan asupan oksigen ke otak juga bisa menjadi lebih baik. Saat kamu mulai overthinking dan sulit untuk berpikir tenang, maka tidak ada salahnya melakukan olahraga selama beberapa waktu. 

Pilih olahraga ringan yang tepat dan mudah kamu lakukan, seperti menari, pilates atau bahkan yoga. Lakukan aktivitas ini dengan nyaman dan tenang, agar benar-benar memberikan manfaat positif untuk tubuh dan pikiranmu. 

Olahraga seperti yoga dan pilates bisa membuat tubuh menjadi jauh lebih rileks. Kamu akan lebih tenang dan bisa menikmati kenyamanan setelah melakukannya. Selain itu, kamu juga akan lebih mudah fokus kembali pada rutinitasmu.

5. Tentukan batasan waktu untuk berpikir saat overthinking

Jangan membiarkan dirimu overthinking dalam waktu yang panjang. Bukan hanya menyita tenaga dan pikiran, hal ini juga akan membuat banyak waktumu terbuang dengan percuma. 

Tentukan batasan waktu untuk kondisi yang mengganggu ini sejak awal, selain itu kamu juga harus mengambil langkah untuk mengatasinya. Jika kamu mulai overthinking, maka segera pahami masalahnya secara mendalam, lalu atasi dengan langkah yang paling tepat. Cara ini akan menghindarkan kamu dari overthinking yang berkepanjangan.

Atasi overthinking dengan Cara yang Tepat

Overthinking bisa datang kapan saja dan mengganggu berbagai aktivitas yang sedang kamu lakukan. Pahami hal ini dengan baik, agar kamu tidak sampai mengalami kepanikan yang berlebihan dan berkepanjangan. Saat kamu mulai overthinking, pastikan kamu selalu mengambil langkah yang tepat untuk mengatasi kondisi tersebut dengan baik. 


(*)

Powered by Blogger.