17 Agustus Nanti Padang Dipimpin Walikota Cilik


D'On, Padang (Sumbar),- Wali Kota Padang Hendri Septa terus berinovasi dalam hal memotivasi dan menggairahkan semangat para generasi muda di kota yang ia pimpin. 

Inovasi tersebut dituangkan orang nomor satu di Kota Padang tersebut dengan membuat sebuah sayembara berupa lomba menulis bagi murid kelas V dan VI tingkat SD se-Kota Padang. 

Adapun tema karya tulis yang dilombakan itu adalah "Jika Saya Menjadi Wali Kota Padang". Tak tanggung-tanggung, para pemenang pun mendapat reward yang langka.

Tepat pada momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI 17 Agustus 2021 nanti, para pemenang sayembara itu selain menerima tabanas dan piagam juga diberikan hadiah selama pada hari itu diperkenankan menggantikan posisi Wako Hendri Septa sebagai Wali Kota Padang.

Fasilitas dan pelayanan layaknya seorang Wali Kota Padang pun akan dicicipi dua orang pemenang lomba tersebut yang sukses diraih Delvin Adinata dan Luthfia Dwi Wisra. 

Begitu juga, mereka pun akan merasakan bagaimana menunaikan tugas sebagai Wali Kota Padang dalam melayani masyarakat dan urusan pemerintahan. Terlebih Wali Kota Hendri Septa telah menyatakan bahwa ia siap mendampingi wali kota cilik tersebut selama seharian.

Seperti diketahui, sang pemenang sayembara Delvin Adinata murid Kelas VI SD Pertiwi 3 Padang dan Luthfia Dwi Wisra Kelas VI SDN 23 Marapalam itu, telah keluar sebagai yang terbaik dengan mengalahkan 8 finalis lainnya pada penilaian tahap akhir sesi wawancara secara virtual, Jumat (13/8/2021) pagi.

"Alhamdulillah, atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Padang saya tentu sangat bersyukur dan bahagia sekali, sayembara lomba menulis bagi generasi muda dengan tema Jika Saya Menjadi Wali Kota Padang ini dapat kita gelar dan terlaksana secara baik," sebut wali kota usai melakukan penilaian sesi wawancara kepada 10 finalis sekaligus mengumumkan pemenang lomba tersebut di kediaman resminya saat itu.

Hadir dalam kesempatan itu bersama Wali Kota Padang diantaranya Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa, Kepala DP3AP2KB Editiawarman beserta jajaran, Ketua Ruang Anak Dunia (Ruandu) Foundation Padang Wanda Leksmana, unsur Bappeda dan Forum Anak Kota Padang serta lainnya.

Menurut Hendri, hal ini ia lakukan sejatinya adalah bagaimana membangkitkan jiwa nasionalisme sekaligus memotivasi dan mempersiapkan generasi muda agar kelak nanti bisa menjadi seorang pemimpin. Baik menjadi seorang wali kota/bupati, gubernur, presiden dan lainnya. 

"Alhamdulillah, para generasi muda di Kota Padang sangat antusias mengikuti lomba ini, dengan mengirimkan tulisannya yang berisikan pokok pikiran serta keinginan dan cita-citanya menjadi Wali Kota Padang," cetus dia.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kota Padang itu juga mengaku bersyukur atas tingginya antusias para generasi muda di Kota Padang dalam mengikuti sayembara yang ia buat tersebut. Hal itu dibuktikan dengan tulisan-tulisan yang diterima para dewan juri mencapai sebanyak 202 karya tulis. 

"Kita melihat baik dari karya tulis yang dikirimkan serta dari 10 orang finalis lomba juga melihatkan potensi dan karakternya yang kuat untuk bisa menjadi seorang pemimpin ke depan," tuturnya.

Lebih jauh jelas wako milenial itu menyebut pada lomba ini para dewan juri telah mengambil keputusan untuk pemenang dengan satu orang laki-laki dan satunya lagi perempuan. 

"Jadi pada acara upacara peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus nanti mereka akan ikut hadir  begitu juga pada kegiatan lainnya sebagai Wali Kota Padang. Sehingga dengan itu mereka bisa merasakan bagaimana menjadi seorang pemimpin," imbuhnya.

"Sesuai harapan kita, semoga melalui lomba ini dapat memotivasi para generasi muda kita di Kota Padang. Bagaimana mereka memiliki mimpi dan tekad untuk suatu saat ini bisa menjadi seorang wali kota. Insya Allah kegiatan ini akan kita gelar rutin setiap tahunnya," tutur Wako Hendri Septa mengakhiri.

Seperti diketahui, dalam penilaian 10 besar finalis lomba menulis Program Sehari Menjadi Wali Kota Padang tersebut, selain Delvin Adinata dan Luthfia Dwi Wisra yang dinoktahkan sebagai pemenang, 8 finalis lainnya juga tetap menerima reward di samping berupa tabanas juga diundang makan malam bersama Wali Kota Padang Hendri Septa pada 17 Agustus 2021. Para orang tua dan guru mereka di sekolah pun juga ikut diundang pada momen berharga tersebut.

Adapun nama-nama diantaranya adalah untuk kategori putri diantaranya Keisha Aqilla Aswan siswi Kelas V SDN 2 Terandam, Atiqah Hersa Kelas V DN 20 Alang Lawas dan Suci Aprilia Karni Kelas V SDN 28 Gurun Laweh. Selain itu juga Assyifa Khalisha Kelas VI SDN 38 Seberang Padang. 

Sementara untuk kategori laki-laki diantaranya Wijdan Adam Mondale Kelas V SDN Percobaan Padang dan Arvand Edga Putra Kelas V SD Kartika 1-10 Padang. Lalu Rolan S Nainggolan Kelas V SD Yos Sudarso serta Fakhri Hanif Junaidi Kelas V SDN 03 Alai.

(David)

Powered by Blogger.