Berkelahi saat Menangkap Buronan, Bripka Mashudi Tewas Tenggelam

D'On, Banjarmasin - Seorang anggota polisi Polsek Banjarmasin Tengah, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), hanyut saat menangkap tersangka kasus penganiayaan. Anggota polisi ini hanyut karena berkelahi dengan pelaku.

Kapolresta Banjarmasin Kombes Rachmat Hendrawan menjelaskan kejadian ini terjadi saat anggota buser Polsek Banjarmasin Tengah, Bripka Mashudin mendapat informasi bahwa tersangka kasus penganiayaan, Faisal ada di Pasar Bawang Sudimampir, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Jumat (9/4). Bripka Mashudin dan tim reskrim Polsek Banjarmasin Tengah segera ke lokasi untuk menangkap pelaku.

Faisal ditemukan sedang duduk-duduk di belakang Pasar Bawang Sudimampir, sekitar pukul 19.30 WIB. Bripka Mashudin pun segera menghampiri pelaku.

"Jadi Bripka Mashudin itu langsung menangkap tersangka akan tetapi tersangka memberontak, melawan, sehingga Bripka Mashudin dan tersangka tercebur ke sungai. Karena di pinggiran sungai itu kan," kata Kombes Rachmat, saat dihubungi, Minggu (11/4/2021).

Rachmat menambahkan Bripka Mashudin tetap berusaha untuk menangkap Faisal saat tercebur di Sungai Martapura. Namun, lanjutnya, arus Sungai Martapura sedang deras saat kejadian.

"Pada saat itu Bripka Mashudin dan pelaku berkelahi, bergemuruh lah kayak aksi heroik dia. Kemudian karena arus deras dia melambaikan tangan. Ada Bripka Rahmat (rekan Bripka Mashudin), Bripka Rahmat langsung loncat ke sungai untuk menolong," ujarnya.

Namun, sambung Rachmat, Bripka Mashudin tidak dapat ditolong. Mashudin dan tersangka hanyut di sungai.

"Sempat ada speedboat, speedboat lewat malam hari tuh jam-jam 19.30 WITA itu, (dan orang di speedboat) sempat lempar pelampung. Tapi karena ombakan besar, ombakan speed kan besar juga, akhirnya Bripka Mashudin dan tersangka tenggelam, hilang di tengah sungai," ungkapnya.

Aparat gabungan segera melakukan pencarian untuk menemukan Bripka Mashudin dan Faisal. Rachmat mengatakan jenazah Bripka Mashudin ditemukan pagi tadi.

"(Bripka Mashudin) sudah (ditemukan), tadi pagi. Jam 05.00 WITA subuh ditemukan. (Ditemukan dengan jarak) sekitar 300 meter (dari lokasi awal hanyut)," tambahnya.

Rachmat mengatakan jenazah Bripka Mashudin sudah dimakamkan siang tadi. Karena perbuatannya, Bripka Mashudin diberi penghargaan kenaikan pangkat.

Namun untuk tersangka Faisal, belum ditemukan. "Tersangkanya belum (ditemukan), masih dalam pencarian. Tersangkanya belum ditemukan. Iya (Faisal) masih hanyut dan hilang," ucap Rachmat.


(*)

Powered by Blogger.