Mantap nih! Harga BBM Turun, Pertalite Seharga Premium jadi Rp6.450

D'On, Jakarta,- Kebijakan pemerintah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) yang dilakukan Pertamina menjadi angin segar bagi masyarakat.  Penurunan harga berlaku untuk jenis BBM Pertalite yang harganya turun menjadi harga premium.

Harga baru untuk bahan bakar jenis Pertalite sendiri akan diberlakukan secara bertahap di beberapa wilayah di Indonesia. Pertamina sendiri memilih wilayah bagian timur yakni Sulawesi yang dimulai dari kota Makassar.

Kota ini akan lebih dulu mendapatkan harga Pertalite yang jauh lebih murah sebesar Rp1.200 dari harga sebelumnya yang mencapai Rp7.650 untuk beberapa wilayah seperti pulau Jawa dan Bali.

Pertamina sendiri sudah memberlakukan harga terbaru Pertalite tersebut di kota Makassar mulai Minggu 21 Maret 2021.

Dari kota Makassar, Pertamina akan melakukan penyebaran atas penurunan harga Pertalite di seluruh pulau Sulawesi dan akan berlangsung di seluruh wilayah di Indonesia.

Kendaraan yang berhak mendapatkan harga Pertalite

Penurunan harga yang diberikan Pertamina secara bertahap akan berlaku untuk beberapa tipe kendaraan yang digunakan masyarakat.

Dimana konsumen yang boleh mendapatkan harga pertalite dengan harga premium yakni kendaraan bermotor roda dua dan tiga, kendaraan plat kuning seperti angkutan umum dan taksi.

Penurunan harga Pertalite sendiri dilakukan Pertamina atas Keputusan Menteri ESDM 187K/10/MEM/2019 tentang Formula Harga Dasar dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau Stasiun Bahan Bakar Nelayan.

Penurunan harga Pertalite juga tak lepas dari program pemerintah yang menggiatkan Langit Biru, kawasan Makassar dimana Pemerintah mengajak masyarakat untuk menggunakan bahan bakar yang lebih berkualitas.

Kualitas bahan bakar yang baik, mampu berkontribusi terhadap gas buang yang dihasilkan lebih baik untuk bumi atas polusi udara yang dihasilkan dari kendaraan.

Kebijakan ini juga sebagai terobosan bagi kebutuhan masyarakat yang menginginkan akan kualitas udara tetap segar dan sehat di lingkungannya.

Saat ini memang belum terdapat penyesuaian harga BBM khususnya area Jawa Bali. Berdasarkan situs resmi Pertamina, berikut adalah Harga Bahan Bakar Minyak dari Pertamina wilayah Jawa- Bali per liternya:

Pertalite Rp 7.650

Pertamax Rp 9.000

Pertamax Turbo Rp 9.850

Pertamax Racing Rp 42.000

Dex Liter Rp 9.500

Pertamina Dex Rp 10.200

Solar non-subsidi Rp 9.400


(hops)

No comments

Powered by Blogger.