Kilang Minyak di Balongan Terbakar, Pertamina Jamin Pasokan BBM Aman

D'On, Indramayu (Jabar),- Pertamina memastikan distribusi bahan bakar minyak (BBM) tidak terganggu meski kilang minyak di Balongan terjadi kebakaran. Saat ini, distribusi masih berjalan normal.

"Dengan adanya insiden ini, Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu," kata Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya dalam keterangannya, Senin (29/3).

Dia menjelaskan, tindakan yang dilakukan saat ini oleh tim HSSE Kilang Pertamina Balongan adalah untuk fokus melakukan pemadaman api. Diketahui, kebakaran itu bertempat kilang yang terletak di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

"Saat ini juga tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran," terang Ifki.

Sementara itu, anggota Komisi VI DPR Achmad Baidowi alias Awiek meminta pemerintah segera menemukan penyebab ledakan besar tersebut.

"Pemerintah agar segera menemukan akar masalahnya, apakah terjadi human error, kerusakan atau kemungkinan sabotase. Kepastian ini penting agar tidak melahirkan spekulasi baru," kata Awiek.

Ketua DPP PPP itu meminta agar keselamatan warga sekitar kilang menjadi prioritas. "Keamanan dan keselamatan warga di sekitar kilang balongan harus diutamakan. Jika kondisinya darurat maka perlu dilakukan evakuasi untuk sementara waktu sampai situasi kondusif," ujarnya.

Ia juga mengingatkan pemerintah bisa menjamin ketersediaan BBM tidak terganggu. "Pemerintah wajib memastikan ketersediaan BBM akibat gangguan di Balongan. Jangan sampai merembet pada pasokan BBM kpd masyarakat. Karena hampir pasti akan ada pengaruh akibat insiden balongan," tuturnya.

Agar insiden serupa tak berulang, Komisi VI meminta Pertamina mengecek keamanan kilang lain. "Terhadap insiden ini, maka pengecekan terhadap kilang-kilang lainnya perlu dilakukan agar tidak terjadi seperti di Balongan," tandasnya.

(mdk/eko)

Powered by Blogger.