Tim SAR Kumpulkan 141 Kantong Jenazah dan 28 Potongan Besar Sriwijaya Air

D'On, Jakarta,- Kepala Basarnas, Marsekal Madya TNI (Purn) Bagus Puruhito mengumumkan total temuan di hari kelima pencarian korban dan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di Kepulauan Seribu.

Hingga malam ini, tim SAR gabungan telah berhasil mengevakuasi total 141 kantong jenazah berisi bagian tubuh korban dan sejumlah serpihan kecil maupun besar Pesawat Sriwijaya Air. Di samping itu, flight data recorder (FDR) juga sudah ditemukan.

"Pada hari ini, saya melaporkan kita mendapatkan 141 kantong jenazah berisi bagian tubuh atau body parts, 31 kantong kecil yang berisi serpihan pesawat, dan 28 potongan besar pesawat. Tentunya juga FDR yang kemarin sudah kita temukan," ucap Bagus di JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (13/1/2021) malam.


Bagus menuturkan Tim SAR gabungan tetap semangat melakukan operasi kemanusiaan kendati hari ini cuaca dan gelombang laut sedang tidak bersahabat. Karena itu, ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang terlibat dalam tugas mulia ini.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim SAR yang hari tetap semangat, yaitu dari TNI-Polri, Bakamla, KPLP, dan yang lainnya," imbuh dia.

Bagus berujar di hari selanjutnya atau hari keenam, tim SAR gabungan bakal melebarkan area pencarian untuk mengevakuasi korban dan material pesawat. Sedangkan untuk pencarian cokcpit voice recorder (CVR), pihaknya akan memperkecil area operasi.

"Dan kita mungkin memperkecil untuk area-area yang sudah seperti CVR, karena sudah ada pointer sebelumnya di area mana kira-kira akan ditemukan," jelas Bagus.

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak dilaporkan hilang kontak pada Sabtu (9/1/2021) sore sekitar pukul 14.40 WIB.

Pesawat yang bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta tersebut mengangkut 62 penumpang, terdiri dari 6 awak aktif, 40 orang dewasa, 7 anak-anak, 3 bayi, dan 6 awak sebagai penumpang.


(mond/okz)

Powered by Blogger.